Mother&Baby Indonesia
7 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Mirip PMS. Moms Harus Tahu!

7 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Mirip PMS. Moms Harus Tahu!

Beberapa wanita mungkin ada yang belum benar-benar sadar bahwa dirinya sudah masuk masa kehamilan. Bahkan, mereka seringkali keliru hingga salah dalam membedakan ciri-ciri hamil muda dengan sindrom pramenstruasi (PMS). Memang keduanya ternyata memiliki ciri-ciri yang sama karena adanya fluktuasi hormonal pada tubuh.



Sindrom pramenstruasi atau biasa disebut PMS merupakan kondisi yang ditandai dengan perubahan psikologis, khususnya mood dan fisik tubuh yang berkembang di beberapa titik setelah Moms berovulasi di pertengahan siklus menstruasi dan akan berakhir ketika hari pertama menstruasi.

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Perlu Diketahui

Gejala PMS akan ditandai dengan kondisi mood yang cepat berubah seperti mudah tersinggung, marah tiba-tiba, terlihat depresi, menangis, tubuh yang lemas karena kelelahan, timbulnya jerawat, terasa nyeri pada payudara dan perubahan pada nafsu makan, termasuk ngidam makanan lho, Moms! Menurut Medicinenet, disebutkan bahwa hampir 90 persen wanita memiliki beberapa ciri-ciri hamil muda yang sama dan berhubungan dengan gejala menstruasi.

Baca juga: Angka-angka Ajaib dari Fakta Seputar Kehamilan Anda

Lalu, seperti apa ciri-ciri hamil muda yang gejalanya mirip dengan PMS, Moms? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sakit Kepala

Sakit Kepala Saat Masa Hamil Muda

Ilustrasi Sakit Kepala Saat Masa Hamil Muda. Foto. Freepik/vgstockstudio

Moms sering mengalami sakit kepala setiap sebelum PMS? Jangan-jangan bukan PMS Moms, tapi hamil. Sakit kepala ini disebabkan adanya perubahan hormon. Jadi, segera lakukan check up ke dokter spesialis kandungan. Namun pastikan dulu, lakukan tes kehamilan mandiri dengan menggunakan test pack untuk memastikannya.

2. Sakit Punggung

Jika Moms merasakan sakit pada punggung, ini menandakan menstruasi semakin dekat. Akan tetapi bisa juga ini menjadi salah satu ciri dan gejala jika Moms hamil. Sama seperti sakit kepala, nyeri dan sakit pada punggung juga dipengaruhi adanya perubahan hormonal.

Baca juga: Cara Mudah untuk Atasi Sakit Punggung saat Hamil

3. Perubahan Mood dan Suasana Hati

Ketika Moms lebih cepat dan mudah emosi serta cenderung marah-marah kemudian cemas berlebihan, bahkan hingga mudah menangis, ini merupakan gejala PMS dan juga bisa dikategorikan sebagai ciri-ciri hamil muda. Jika kondisi ini terjadi, jangan buru-buru menyebut ini PMS. Cobalah melakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui apakah gejala itu hanya PMS atau memang Moms sedang hamil.



Baca Juga : 5 Cara Agar Tak Lemas saat Hamil Muda

4. Konstipasi atau Sembelit

Alami Sakit Perut Sebabkan Konstipasi

Ilustrasi Ibu hamil yang alami sakit pada perut. Foto. Freepik/freeograph

Konstipasi atau gangguan pencernaan (sembelit) disebabkan perubahan hormon progesteron. Kadar hormon ini meningkat jumlahnya selama paruh kedua hari dalam siklus menstruasi dan biasanya terjadi saat pramenstruasi. Kondisi ini juga terjadi ketika hamil muda lho, Moms! Perubahan hormonal ketika hamil muda juga bisa menyebabkan sembelit.

Baca juga: Wajib Tahu, Hormon yang 'Beraksi' dalam Tubuh Ibu Hamil

5. Peningkatan Siklus Buang Air Kecil

Seringnya buang air kecil ini juga menjadi salah satu ciri dan gejala yang terjadi ketika Moms sedang hamil atau masuk siklus PMS sebelum menstruasi. Jika sudah terlihat ciri-ciri ini, pastikan Moms lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh ketika kondisi ini terjadi.

6. Nyeri pada Payudara

Ciri-ciri seperti nyeri pada payudara, pembengkakan payudara, bahkan payudara membesar bisa terjadi ketika awal kehamilan dan juga sebelum menstruasi. Moms akan merasakan payudara terasa berat, sakit, hingga sensitif dalam kedua kondisi ini.

Baca juga: Ini 5 Masalah Payudara yang Dialami oleh Ibu Hamil

7. Kram Perut

Kram Perut saat Hamil Muda.

Kram Perut saat Hamil Muda. Foto. Freepik/skawee

Kram pada perut umumnya selalu terjadi pada PMS dan juga kehamilan muda. Kram yang terjadi sama untuk kedua kondisi tersebut pada perut bagian bawah. Seperti dikutip dari Medical News Today, ketika fase kehamilan muda, kram ini terjadi berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dimana kondisi implan embrio dan rahim membentang.

Baca juga: Kram Perut Saat Hamil, Bahayakah?

Itulah 7 ciri-ciri fase kehamilan muda yang gejalanya mirip dengan PMS yang Moms harus tahu. Ini perlu diperhatikan, apalagi saat kehamilan anak pertama supaya bisa segera dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apa saja yang harus Moms lakukan setelahnya. (Hafif/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   hamil muda,   pramenstruasi