Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Perlu Waspada Infeksi Bakteri Listeria!

Ibu Hamil Perlu Waspada Infeksi Bakteri Listeria!

Saat hamil, Anda memang sangat disarankan untuk mengonsumsi segala makanan sehat. Namun jangan asal sehat ya, Moms, karena makanan untuk bumil juga harus dipastikan matang dengan sempurna. Dengan kata lain, kalau sebelumnya Moms suka mengonsumsi sushi mentah atau telur setengah matang, saat hamil Anda tidak boleh lagi mengonsumsinya, karena bisa mengakibatkan penyakit listeriosis. Ketahui info lengkapnya yuk, Moms!


Waspada & Cegah Listeriosis!




Listeriosis adalah infeksi yang terjadi, karena seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Infeksi ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, tetap juga bisa mengancam keselamatan janin!

Walau masalah kesehatan yang satu ini memang sangat menyeramkan, Moms tidak perlu langsung merasa khawatir, karena listeriosis bisa dicegah. Bagaimana cara mencegah listeriosis? Ikuti langkah di bawah ini:

1. Masak semua jenis daging, baik sapi, ayam, maupun ikan sampai matang sempurna.

2. Jangan mengonsumsi susu yang belum dipasteurisasi (disterilkan melalui pemanasan dengan suhu 600 derajat Celcius selama 30 menit untuk menghilangkan bakteri patogen).

3. Cuci buah dan sayur sebelum memakannya, atau setidaknya mengupas kulitnya terlebih dahulu.

4. Bersihkan spons yang digunakan untuk mencuci peralatan makan dan minum Anda secara rutin.

5. Jangan menyimpan makanan terlalu lama.


Dampak Listeriosis




Menurut halaman resmi US Food and Drug Administration (USDA), bakteri listeria bisa menyebabkan dampak serius tak hanya bagi ibu hamil, namun juga pada semua orang lho, Moms. USDA juga menyebutkan kalau infeksi listeria dialami oleh seseorang yang menderita gangguan sistem imun, maka dampaknya bisa sangat fatal.

Bakteri ini juga lebih berisiko pada seseorang dengan kondisi penyakit kronis tertentu, seperti penderita kanker, HIV, diabetes, ginjal, dan pasien transplantasi.

Lalu apa saja dampak yang mungkin terjadi pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya? Tentu banyak, seperti:

• Keguguran,

• Kematian bayi,

• Bayi lahir cacat,

• Bayi lahir prematur,

• Risiko penyakit lainnya meningkat.

Infeksi bakteri listeria ini juga bisa berbahaya jika dialami oleh orang normal atau sehat lho, Moms! Beberapa dampak negatif dari mengonsumsi makanan yang terkontaminasi listeria adalah demam, nyeri otot, diare, dan konstipasi. Karena itu, sangat penting untuk memastikan makanan bumil sudah dimasak matang sempurna, ya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   listeria,   listeriosis,   makanan,   kandungan,   kesehatan








Cover Maret 2020