Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Terkena Banjir, Ini yang Mesti Diperhatikan

Ibu Hamil Terkena Banjir, Ini yang Mesti Diperhatikan

Hujan deras yang turun seharian kemarin dan menyebabkan sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami kebanjiran membuat sebagian besar masyarakat merasa cemas dan khawatir, tak terkecuali dengan ibu hamil.

Saat kondisi darurat seperti banjir menyerang, kondisi bumil perlu mendapatkan perhatian ekstra. Bumil harus menghindari area banjir apalagi terendam air banjir dalam waktu yang lama karena hal tersebut bisa menyebabkan tubuhnya menderita kedinginan.




Bumil Perlu Jaga Kondisi Tubuh Tetap Kering selama Banjir

Seperti dikutip dari Tribun News, dr. Ivander Utama SpOG dari RSIA Bunda Jakarta menekankan bahwa ibu hamil harus selalu menjaga kondisi tubuhnya agar tidak basah karena hal tersebut bisa menyebabkan kedinginan. Kondisi kedinginan yang dialami bumil dapat berisiko pada kesehatan tubuhnya dan janin yang dikandungnya, bahkan bisa memicu munculnya penyakit yang berbahaya.

“Kedinginan merupakan salah satu kondisi yang harus dihindari oleh ibu hamil. Karena itu, pastikan tubuh tetap selalu kering dan menggunakan baju yang kering,” kata dr. Ivander.

Jika bumil terendam banjir dan kondisi tubuhnya kedinginan dalam waktu cukup lama, ia bisa terkena dampak kedinginan yang berbahaya buat tubuhnya. Untuk itu, bumil perlu segera memeriksakan diri agar cepat mendapatkan penanganan jika muncul efek kedinginan berlebih dan gejala penyakit lainnya.

“Segera periksakan ke dokter juga jika bumil mengalami kontraksi, berkurangnya frekuensi pergerakan bayi, atau tanda-tanda infeksi saluran pencernaan seperti muntaber dan infeksi saluran kencing,” kata dr. Ivander.



Yang juga perlu mendapat perhatian adalah kondisi kesehatan ibu hamil. Jagalah selalu kebersihan diri serta makanan dan minuman yang dikonsumsi.


Bumil Aman saat Banjir, Asalkan Jaga Kebersihan

Kondisi banjir memang bisa membahayakan buat ibu hamil. Namun, dr. Ivander menegaskan bahwa bumil tidak perlu cemas, selama mereka menjaga kebersihan diri. “Bila sudah terkena banjir, bumil tidak perlu khawatir akan kehamilannya, karena selama bisa menjaga kebersihan maka kehamilan akan aman,” ungkap dr. Ivander.

Menjaga kebersihan diri saat banjir melanda merupakan syarat utama bagi bumil untuk tetap selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa menghindar dari ancaman dan serangan virus serta bakteri penyebab penyakit yang muncul saat kondisi banjir melanda.

Karena itu, hindari sebisa mungkin terkena dan terkontaminasi air banjir, karena air banjir mengandung berbagai macam virus dan bakteri yang berbahaya dan bisa mengakibatkan timbulnya penyakit. Caranya, segeralah mandi dan membersihkan diri dengan air bersih jika terendam banjir. Ganti pakaian Anda dengan pakaian yang bersih. Selain itu, konsumsi makanan yang menyehatkan untuk membantu menjaga stamina tubuh ibu hamil. Jadi, jaga kebersihan dan kesehatan Anda ya, bumil! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   banjir










Cover Mei-Juni-Juli 2020