Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Makan Oatmeal, Ini yang Harus Diperhatikan!

Ibu Hamil Makan Oatmeal, Ini yang Harus Diperhatikan!

Mengonsumsi makanan sehat saat hamil memang banyak ragamnya. Tak hanya sayur dan buah, tetapi juga oatmeal yang baik untuk menambah nutrisi sang ibu dan janin dalam kandungan. Bagi yang belum familiar, oatmeal memang mirip dengan gandum utuh.

Namun, oatmeal dan gandum adahal dua hal yang berbeda. Gandum merupakan salah satu serelia atau biji-bijian yang perlu diproses terlebih dahulu menjadi tepung sebelum dikonsumsi. Sedangkan oatmeal bisa dimakan utuh dengan hanya dimasak seperti biasa.

Anda dapat mengolah oatmeal dengan campuran air atau susu panas dan dimasukkan ke dalam microwave atau dimasak di atas kompor. Selain itu, agar tak bosan, bumil bisa menambahkan bahan lainnya, seperti sayuran, buah segar atau buah kering sebagai camilan atau dinikmati saat sarapan.




Manfaat Konsumsi Oatmeal


Agar Moms semakin yakin untuk menikmati oatmeal sebagai camilan atau makanan sehari-hari, berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Serat dan Protein

Setiap 100 gram oatmeal, mengadung serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sekitar 16 gram. Kadar ini lebih banyak daripada gandum, yang hanya memiliki 2,2 gram serat dan 13,7 gram protein. Hal tersebut membuktikan bahwa oatmeal bisa menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih baik tentunya. Sedangkan protein akan membantu mengoptimalkan pembentukan dan perbaikan jaringan pada tubuh janin.



2. Kalsium dan Magnesium

Kandungan kalsium dalam oatmeal dapat menambahkan kekuatan pada tulang dan gigi ibu hamil. Selain itu, kalsium pastinya akan juga berguna untuk perkembangan tulang janin dalam kandungan, sehingga pertumbuhannya bisa lebih baik setelah ia lahir.

3. Karbohidrat Kompleks dan Magnesium

Adanya magnesium yang terkandung dalam oatmeal akan membantu menjaga kadar gula dalam tubuh bumil dan mencegah risiko diabetes. Hal ini juga didukung dengan kandungan karbohidrat kompleks yang dapat menjaga berat badan bumil agar tak menjadi obesitas saat hamil dan pasca melahirkan.

4. Zat Besi dan Asam Folat

Ibu hamil membutuhkan zat besi yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah. Hal ini akan mengurangi risiko anemia, serta membuat kulit, kuku, serta rambut Anda menjadi lebih sehat. Sedangkan asam folat dalam oatmeal, bermanfaat untuk mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat atau mengalami kelahiran prematur. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   oatmeal,   makanan ibu hamil,   ibu hamil makan oatmeal










Cover Mei-Juni-Juli 2020