Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ketahui Karakter Bayi Berdasarkan Gaya Tidurnya

Yuk, Ketahui Karakter Bayi Berdasarkan Gaya Tidurnya

Mengetahui karakter Si Kecil sejak bayi memang tidak mudah. Tapi jika Moms jeli, Anda bisa lho, mengintip watak buah hati Anda. Penasaran? Yuk, tengok 5 gaya tidur bayi berikut ini. Siapa tahu, salah satunya sama dengan kebiasaan tidur Si Kecil, sehingga Anda bisa mengetahui karakternya, Moms.


1. Posisi Tidur Tengkurap

Melihat bayi tertidur dengan posisi dada mengenai kasur atas matras tidurnya, memang terkesan ia sangat nyaman dan aman. Terkadang Si Kecil akan tertidur sambil mengenyot jempol tangannya. Posisi ini memang menunjukkan karakter anak yang tenang.



Namun posisi tidur seperti ini sesungguhnya tidak disarankan. Selain meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), posisi tidur tengkurap juga tidak baik bagi sirkulasi darahnya. Last but not least, tidur dengan posisi tengkurap juga bisa menimbulkan masalah pada pengelihatan bayi Anda.


2. Tidur Tanpa Banyak Gerakan

Jika Si Kecil tidur nyenyak sepanjang malam dengan tangan berada di dada, tanpa banyak gerakan, dan letak selimut yang tidak banyak mengalami perubahan, maka ia punya kecenderungan tumbuh menjadi anak yang selalu menuruti perkataan orang tuanya. Di sisi lain, bayi yang tidur tenang dan rapi sepanjang malam biasanya anak pendiam dan introvert. Mereka juga cenderung sering merasa tidak nyaman dan cepat khawatir.

Moms yang bayinya memiliki kebiasaan tidur seperti ini perlu melatihnya untuk lebih berani. Anda juga bisa memotivasinya untuk lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.




3. Starfish (Tangan dan Kaki Terbuka)

Seperti bentuk starfish atau bintang laut, bayi tidur dengan posisi tangan di kedua sisi kepala dan kaki terbuka. Bayi dengan kebiasaan tidur seperti ini biasanya memiliki karakter yang ramah dan suka bergaul. Mereka juga aktif dan mudah disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika Si Kecil gemar tidur dengan posisi starfish. Akan tetapi, Moms perlu mengajarkannya untuk lebih mendengarkan kata-kata kedua orang tuanya. 


4. Tidur dengan Banyak Gerakan

Bayi yang terlalu banyak bergerak kala tidur memang kerap membuat orang tua khawatir karena mereka mengira bayi terlalu aktif bergerak hingga ada kemungkinan hiperaktif. Namun sesungguhnya, bayi dengan gaya tidur seperti ini memiliki kepribadian yang ceria, menyenangkan, dan gemar menghibur banyak orang.


5. Tidur Meringkuk

Ada juga bayi yang tidur meringkuk seperti layaknya udang kecil. Biasanya, mereka harus tidur sambil memeluk guling, bantal, atau selimut kesayangannya agar bisa tidur nyenyak. Bayi yang tidur seperti ini punya kecenderungan untuk merasa insecure atau kurang mendapatkan cinta dan perhatian dari orang tuanya. Jadi, Moms dan Dads perlu lebih banyak memperlihatkan rasa kasih sayang jika Si Kecil memiliki kebiasaan tidur seperti ini. Bila dibiarkan, bukan tak mungkin rasa terabaikan tersebut bertahan hingga dewasa dan anak tumbuh menjadi sosok introvert atau tertutup. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi tidur,   gaya tidur bayi,   karakter bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020