Mother&Baby Indonesia
Begini Cara Tepat Mengatasi Bintitan pada Anak

Begini Cara Tepat Mengatasi Bintitan pada Anak

Walau Anda sudah menjaga Si Kecil agar selalu bersih, namun bukan berarti Si Kecil tidak bisa ‘diserang’ penyakit karena kuman, virus, atau bakteri. Salah satu masalah kesehatan yang mungkin ia alami adalah hordeolum atau yang lebih dikenal di kalangan umum dengan istilah bintitan.

Seorang pembaca Mother&Baby pernah bertanya kepada kami tentang cara mengatasi bintitan, karena putranya yang berusia 4 tahun mengalami bintitan yang tak kunjung sembuh selama 2 minggu. Untuk itu, kami bertanya pada dr. Rouli Nababan, SpA, seorang dokter spesialis anak dari Kiddie Care Centre Sunter dan Omni Hospital Pulomas Jakarta. Simak jawaban dr. Rouli, yuk!




Apa Itu Bintitan?

Menurut dr. Rouli, bintitan atau hordeolum adalah infeksi atau peradangan pada kelenjar kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri. Selain mengganggu estetika, bintitan tentu akan membuat Si Kecil merasa tak nyaman. Keluhan yang kerap dialami oleh anak biasanya adalah rasa mengganjal pada kelopak mata, nyeri yang semakin terasa saat kepala menunduk, mata berair, dan peka terhadap sinar.

Terdapat 2 jenis hordeolum, yaitu hordeolum eksternum dan hordeolum internum. Hordeolum eksternum terjadi di luar kelopak mata berupa benjolan kecil di sekitar bulu mata. Sedangkan hordeolum internum terjadi di dalam kelopak mata dan menimbulkan benjolan yang lebih besar sehingga terasa sangat mengganjal dan mengganggu penglihatan.

Kebanyakan kasus mata bintitan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang menyerang akar folikel di bulu mata. Bakteri ini biasanya hidup di kulit manusia dan tidak menyebabkan penyakit. Namun, jika Si Kecil menyentuh atau mengucek matanya dengan tangan yang kotor, hal tersebut berisiko memindahkan bakteri yang bisa masuk ke kelenjar di kelopak mata dan menyebabkan bintitan.




Solusi Mengatasi Bintitan

Selain dengan antibiotik, mengompres mata dengan air hangat juga bisa membantu mempercepat penyembuhan dan meredakan rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh Si Kecil.

Moms sebaiknya tidak membiarkan Si Kecil mengucek atau menggosok mata saat tangannya dalam keadaan kotor, ya. Karena hal tersebut bisa memperburuk keadaan. Ingat, bintitan yang sudah berlangsung lebih dari 2 minggu biasanya memerlukan tindakan bedah untuk menyayat bisul mata yang sudah mengeras. Tanpa bedah, bintil akan menetap dan sering kambuh. Selain itu, anak-anak yang memiliki alergi seringkali mengalami bintitan berulang. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak bintitan,   kesehatan,   mata,   penyakit mata








Cover Januari - Februari 2020