Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Anak Balita Makan Buah Nangka?

Bolehkah Anak Balita Makan Buah Nangka?

Bagi anak usia balita, mengonsumsi berbagai makanan sehat memang sangat disarankan ya, Moms. Seperti yang ditekankan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jika anak mendapatkan nutrisi yang buruk, hal ini bisa menyebabkan munculnya faktor risiko terjadinya penyakit yang selanjutnya akan semakin memperburuk status nutrisi Si Kecil.

“Dampak malnutrisi ini terutama berat dan permanen bila terjadi pada bayi dan batita. Sebesar 45 persen kematian balita terkait dengan malnutrisi,” jelas IDAI. Karena itu, sangat penting untuk memberikan berbagai makanan sehat untuk Si Kecil, Moms.

Sayangnya, memberikan makanan sehat untuk balita memang cukup menantang, ya. Biasanya balita lebih mudah mengonsumsi buah dibandingkan makan sayur. Nah, salah satu buah yang enak, manis, dan cukup disukai balita adalah buah nangka. Namun, boleh enggak sih balita makan nangka? Simak infonya di bawah ini, Moms.




Kaya Nutrisi


Buah nangka tak hanya enak, tapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah tropis ini kaya karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C. Nangka juga kaya akan potasium, zat besi, thiamin, riboflavin, magnesium, dan berbagai nutrisi lainnya. Mengutip My Little Moppet, sekitar 74 persen daging buah nangka terdiri dari air, maka ini pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik ya, Moms.

Kabar baiknya lagi, nangka ternyata buah yang rendah lemak jenuh dan rendah sodium, maka tak salah jika Moms mengidolakan buah yang satu ini. Selain enak dan sehat, cara mengolah nangka juga relatif mudah karena bisa dijadikan berbagai menu lezat. Bisa dimakan langsung, bisa dijadikan campuran dalam es buah, bisa juga dijadikan isi salah buah. Aroma nangka yang cukup kuat pasti cocok untuk menggugah selera Si Kecil agar mau mencoba buah ini.

Manfaat Nangka

Setidaknya ada 12 manfaat buah nangka untuk tubuh, seperti:

• Menjaga kesehatan kardiovaskuler

• Menjaga metabolisme tiroid

• Menjaga kesehatan mata

• Melindungi tubuh dari kanker kolon

• Menjaga kesehatan tulang

• Melancarkan pencernaan



• Meredakan konstipasi

• Mencegah anemia

• Meredakan asma

• Menjaga gula darah tetap stabil

• Memperkuat sistem imun

• Meningkatkan energi


Bolehkah Anak Makan Nangka?

Walaupun nangka sangat kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh, namun sebaiknya Moms tidak memberikan ini untuk anak di bawah usia 1 tahun, ya. Jika ingin memberikan nangka pada Si Kecil, pastikan anak Anda sudah berusia sekitar 1 atau 1,5 tahun ke atas. Pastikan juga daging buah nangka sudah dibersihkan dari seratnya, atau sudah dipotong kecil-kecil sebagai finger food. Waspada risiko tersedak pada Si Kecil ya, Moms!

Namun untuk melihat apakah Si Kecil mengalami alergi nangka atau tidak, coba untuk menerapkan metode aturan-3-hari (memberikan sedikit alergen, dan tunggu 3 hari untuk melihat reaksinya). Kalau tidak tampak reaksi alergi (tidak ada gatal, sakit perut, sensasi terbakar, bengkak, sesak napas, atau reaksi lainnya) maka Moms bisa memberikan nangka lagi untuk Si Kecil.


Dampak Negatif Makan Nangka

Ada positifnya, namun sisi negatifnya juga perlu diwaspadai nih, Moms. Menurut Web MD, nangka bisa memicu reaksi alergi atau efek samping jika diberikan pada bayi, terutama pada bayi yang memiliki alergi pollen atau lateks. 

Nangka juga tidak disarankan untuk diberikan pada anak yang bermasalah dengan darah, karena nangka bisa meningkatkan koagulasi (seperti penggumpalan darah, atau mengerasnya protoplasma). Jadi tetap perhatikan saat memberikan nangka pada Si Kecil ya, Moms! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   nangka,   buah,   alergi,   nutrisi,   anak makan nangka










Cover April 2020