Mother&Baby Indonesia
Tips Efektif untuk Membangun Harga Diri Anak

Tips Efektif untuk Membangun Harga Diri Anak

Harga diri merupakan sebuah nilai secara keseluruhan dari seorang individu mengenai dirinya. Harga diri tidak hanya berlaku buat orang dewasa, anak-anak pun juga memiliki harga diri. Harga diri anak akan sangat tergantung dari apa yang didengar dari orang lain tentang dirinya. Misalnya, jika orang tua sering mengucapkan kata-kata positif, anak akan merasa bangga dan otomatis harga dirinya menjadi tinggi sehingga ia akan lebih percaya diri.

Berikut tips dalam membangun harga diri anak yang akan membantu meningkatkan kepercayaan diri buah hati Anda.

Baca juga: Moms, Ketahui Kalimat Ampuh Agar Anak Patuh




Ajarkan anak betapa pentingnya memiliki harga diri

Harga diri merupakan hal yang penting bagi semua orang, termasuk untuk anak. Harga diri berhubungan dengan martabat, nama baik dan juga kehormatan seseorang dan juga keluarganya. Seperti yang disebutkan, bahwa memiliki harga tinggi akan membuat tingkat kepercayaan diri juga meningkat. Selain itu, pentingnya memiliki harga diri membuat anak:

• Tidak akan mudah dikecilkan

• Dihormati dan disegani setiap orang

• Dihargai pendapatnya

• Dipercaya dan bisa menjadi sumber orang untuk bertanya atau dimintai pendapat

Dengan mempunyai kesadaran akan pentingnya harga diri, anak akan bisa menjaga martabat orang tua, keluarga, hingga harga dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Cara Jitu Berkomunikasi dengan Si Kecil

Mulai menghargai anak sejak ia masih kecil

Memberikan Ciuman sebagai Apresiasi Kepada Anak

Ketika lahir, setiap orang sudah memiliki harga diri termasuk juga bayi baru lahir. Anak akan merasa dihargai oleh orang tuanya jika ia diperlakukan dengan baik. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan dasar yang ia perlukan, seperti diberi makan, dimandikan, digantikan popoknya, hingga kebutuhan lainnya. 

Namun jika anak tidak diperlakukan dengan baik, seperti banyak kasus anak yang ditelantarkan, hal tersebut akan membuat anak menilai dirinya rendah sehingga ia akan merasa tidak dihargai. 

Baca juga: Trik Agar Anak Mau Mendengar Anda




Memberikan pengarahan dan penjelasan jika harga diri harus dijaga

Nathaniel Branden, seorang psikoterapis dan penulis buku terkenal, menyimpulkan bahwa harga diri sangat berkaitan erat dengan tingkat kepercayaan diri anak. Jika direndahkan atau bahkan dihina, maka secara otomatis kepercayaan dirinya akan menurun. Sedangkan ketika dipuji dan juga dihargai, tingkat kepercayaannya pun ikut tinggi. 

Jadi Moms, pastikan selalu memberikan pendidikan anak dengan mengapresiasi apa pun yang dilakukan olehnya. Jika memang hal itu baik, maka selalu support dan dukung. Namun, jika memang itu tidak baik, maka tegur dengan cara yang baik dan juga berikan pengarahan sekaligus pembelajaran agar ia tidak mengulanginya kembali. 

Baca juga: 7 Cara Ajarkan Anak Bertanggung Jawab


Membantu anak mengetahui bagaimana cara membangun harga dirinya

Membiarkan Anak Membantu Pekerjaan Orang Tua

Moms bisa mencoba tips membangun harga diri anak berikut ini:

1. Memberikan suggestion kepada anak untuk bermain hal baru sekaligus membiarkan anak mengeksplorasi hal yang baru ia temukan.

2. Berikan kesempatan untuk anak melakukan atau mengerjakan sesuatu hal sendiri. Bisa mengerjakan hal atau tugas dengan usaha dan upayanya sendiri akan menjadi poin penting dalam membangun harga diri anak.

3. Sisihkan waktu Moms untuk mengajarkan anak dengan hal-hal yang baru bagi dirinya meskipun sederhana, seperti mengikat tali sepatu, mencuci piring, menyapu, merapikan tempat tidur, dan hal lainnya.

4. Jangan cegah anak ketika ia akan membantu Moms melakukan berbagai kegiatan. Pada dasarnya, anak paling suka membantu orang tua ketika mengerjakan hal apa pun. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai.

5. Ikut tertawa di setiap lelucon yang anak buat untuk menghibur orang tua. Dengan melihat Moms memberikan respons positif, hal ini akan membantu dalam meningkatkan harga diri pada anak. (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   harga diri anak,   mendidik anak










Cover April 2020