Mother&Baby Indonesia
6 Tips Liburan Bersama Keluarga di Musim Hujan

6 Tips Liburan Bersama Keluarga di Musim Hujan

Sekarang sudah memasuki musim hujan dan hampir setiap hari selalu turun hujan dengan waktu tidak menentu. Tentu ini sedikit banyak akan mengubah rencana liburan, misalnya adanya penambahan perlengkapan musim hujan untuk antisipasi. Jangan khawatir Moms, coba ikuti tips berlibur bersama keluarga di musim hujan dari M&B berikut ini.


1. Update ramalan cuaca

Jika persiapan sudah siap, mulai dari tiket pesawat, booking hotel, dan kebutuhan lainnya, maka Anda mau tidak mau tetap harus berangkat. Sebagai antisipasi kapan hujan akan turun di tempat wisata yang akan dikunjungi, Moms harus rutin cross check ramalan dan perkiraan cuaca setempat sehingga Anda sekeluarga bisa menyesuaikannya dengan tempat wisata yang akan didatangi nanti. 



Baca juga: 5 Alternatif Liburan Unik untuk Anak di Jakarta


2. Bawa perlengkapan untuk tetap bisa beraktivitas ketika hujan

Bawa Perlengkapan untuk Musim Hujan ketika Liburan

Ketika sudah tidak mungkin me-reschedule liburan, tentu Moms harus menyiapkan dan membawa perlengkapan buat musim hujan sebagai antisipasi jika terjadi hujan dadakan. Memang, seluruh peralatan tersebut bisa dibeli dengan mudah, namun ini akan mengubah pengeluaran anggaran liburan yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu, membawa sendiri pastinya akan jauh lebih hemat buat Anda. 

Hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara packing barang ke dalam koper untuk seluruh perlengkapan tersebut, karena secara otomatis barang bawaan Moms dan keluarga akan bertambah. Jika memang tidak muat, maka mau tidak mau Moms terpaksa membawa tas tambahan yang khusus sebagai tempat untuk perlengkapan musim hujan tersebut. 


3. Bawa baju ganti ekstra

Jika banyak aktivitas liburan Moms dan keluarga yang kemungkinan dilakukan di ruang terbuka atau outdoor dan berisiko terkena hujan, maka siapkan dan bawa baju ganti tambahan ke dalam tas ketika akan berjalan-jalan di tempat wisata. Sebagai antisipasi, langsung kenakan jaket atau sweater saja untuk membuat badan Moms dan anak tetap hangat. 

Selain baju ganti ekstra, pastikan ketika keluar untuk berjalan-jalan bersama anak Anda mengenakan celana panjang demi menghindari gigitan nyamuk ataupun serangga lainnya.

Baca juga: Langkah-langkah Persiapan Liburan Bersama Anak




4. Bawa obat-obatan dan losion anti nyamuk

Bawa Obat-obatan ketika Liburan

Ini menjadi hal penting dan harus selalu dibawa kemana pun ketika liburan bersama anak-anak apalagi ketika musim hujan datang. Biasanya anak-anak akan mudah terserang batuk, pilek, hingga diare. Karena itu, Moms tidak boleh tidak harus selalu menyiapkan dan membawa obat-obatan sebagai antisipasi. 

Selain obat-obatan dan mengenakan celana panjang untuk Si Kecil, Moms juga harus membawakan losion anti nyamuk di dalam tas Si Kecil. Hal ini dilakukan sebagai pertolongan pertama ketika Si Kecil tergigit nyamuk atau serangga lainnya. 


5. Pilih tempat wisata indoor

Salah hal terbaik untuk tetap berlibur dan membuat Si Kecil tetap merasa senang saat liburan walaupun sedang hujan, Moms bisa mengganti tempat wisata outdoor menjadi wisata indoor yang akan dikunjungi selama liburan nanti. Pilih saja objek-objek wisata yang akan menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan seperti mengunjungi museum, indoor aquarium, menonton pertunjukan, atau pergi bermain di indoor playground

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Disiapkan saat Liburan Pertama Anak


6. Makan di restoran atau cafe yang bersih atau bawa camilan

Ada baik dan buruk ketika musim hujan. Dampak buruk yang bisa terjadi adalah banyaknya bakteri, virus, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, tubuh akan membutuhkan makanan yang bergizi. 

Moms bisa memilih restoran atau cafe yang bersih  Dan jika dekat dengan lokasi tempat wisata, itu akan jauh lebih baik. Selain bersih, pilih makanan dan minuman hangat dan berkuah. Faktor hujan, cuaca dan udaranya yang dingin, membuat kita akan cenderung merasa lebih cepat lapar. Untuk antisipasi agar tidak jajan sembarangan, Moms bisa membawa camilan yang dibeli sebelum bepergian ke tempat-tempat wisata. 

Itulah Moms, 6 tips yang bisa membantu Anda yang sedang mempersiapkan liburan bersama keluarga dan anak-anak di musim hujan ini. (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   liburan,   liburan keluarga,   persiapan liburan,   musim hujan