Mother&Baby Indonesia
Ini 5 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Anda

Ini 5 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Anda

Moms, apakah Anda penyuka telur? Ya, jenis makanan yang satu ini memang jadi kegemaran banyak orang. Cara mengolahnya yang mudah dan rasanya yang enak merupakan alasan orang-orang menggandrungi makanan ini, baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Belum lagi manfaatnya untuk tubuh Anda.

Memang, tidak disangsikan lagi bahwa telur sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Telur mengandung banyak nutrisi yang baik dan berguna untuk tubuh. Satu butir telur, misalnya, punya kandungan 5,5 gram protein.

Meskipun begitu, banyak orang yang menghindari kuning telur. Moms mungkin pernah melihat ada orang yang memisahkan bagian kuning telur dari putihnya saat mengonsumsinya. Atau Anda sendiri juga melakukan hal tersebut? Ini dikarenakan adanya anggapan bahwa kuning telur terlalu berlemak dan mengandung kolesterol yang bisa merugikan kesehatan.



Faktanya, kuning telur juga mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan lho, Moms. Berikut ini beberapa manfaat kuning telur buat tubuh:


1. Meningkatkan Daya Ingat

Kuning telur mengandung klorin, mineral yang baik untuk perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat. Penelitian yang dilakukan oleh Boston University School of Medicine menemukan fakta bahwa orang yang mendapat cukup asupan klorin memiliki nilai lebih baik saat dilakukan tes memori dibandingkan mereka yang mendapat sedikit asupan klorin. Kuning telur yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga baik untuk mendukung perkembangan otak janin.


2. Baik untuk Kesehatan Mata

Kuning telur juga mengandung zat karotenoid yang akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Zat ini bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk mata dan melindungi mata dari radikal bebas yang rentan merusak bagian retina. Selain itu, karotenoid mampu menurunkan risiko katarak dan melindungi mata dari degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan. Karotenoid sendiri harus dikonsumsi berbarengan dengan lemak agar dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Dan mengonsumsi telur adalah salah satu caranya, Moms.


3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dalam kuning telur jauh lebih banyak dibandingkan putih telur. Sebanyak 90 persen kandungan kalsium dalam sebutir telur terdapat pada kuning telur. Peran kalsium sendiri sangat penting untuk tubuh, antara lain membentuk dan memperkuat tulang dan gigi, membantu menjaga struktur rangka dan fungsinya, menjaga kerja jantung tetap sehat, serta berperan dalam proses pembekuan darah. Karena tubuh tidak memproduksi sendiri kalsium, maka zat ini harus Anda dapatkan dari asupan makanan sehari-hari.


4. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan dengan putih telur. Kuning telur mengandung vitamin, B6, B12, dan folat yang mayoritas terdapat di bagian ini, serta vitamin A, D, E, dan K yang cuma ada di kuning telur dan tidak akan Anda temukan di putih telur. Bahkan, kuning telur merupakan salah satu dari sedikit makanan yang punya kandungan vitamin D alami lho, Moms.



Selain vitamin, mineral juga sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Nah, telur mengandung 13 macam mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc. Baik putih telur maupun kuning telur, keduanya mengandung mineral tersebut. Namun, kuning telur punya jumlah kandungan mineral lebih besar daripada putih telur. Contohnya, ada 90 persen kalsium, 93 persen zat besi, serta 99 persen zinc di kuning telur.


5. Baik untuk Jantung

Dengan semua vitamin, mineral, dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, kuning telur akan membantu menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular. Kolin, salah satu zat yang ada dalam kuning telur bisa mengatur pengendalian kadar homosistein di dalam darah. Kadar homosistein yang terlalu tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Di samping itu, sebuah studi yang dilakukan di University of North Carolina, AS, menemukan bahwa wanita dengan asupan kolin yang lebih tinggi memiliki risiko lebih kecil terkena kanker payudara.


Yang Perlu Diperhatikan dalam Mengonsumsi Kuning Telur

Meskipun kuning telur punya banyak manfaat, para ahli gizi menyarankan agar kita tidak terlalu sering mengonsumsinya. Alasannya, kandungan kolesterol dalam kuning telur cukup tinggi. Memang, konsumsi telur dalam batas yang wajar tidak akan langsung membuat kadar kolesterol melonjak drastis. Namun, supaya lebih aman saat mengonsumsi telur, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini, Moms.

• Konsumsi telur hingga 3 butir per hari masih aman, selama tubuh Anda sehat.

• Batasi konsumsi telur tidak lebih dari 3 butir per minggu jika Anda menderita penyakit jantung atau kolesterol tinggi.

• Olah telur hingga matang sebelum dikonsumsi. Telur yang masih mentah atau setengah matang rentan mengandung kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

• Cara terbaik memasak telur adalah dengan merebusnya. Menggoreng telur berisiko meningkatkan kandungan lemaknya hingga 50 persen. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   telur,   kuning telur