Mother&Baby Indonesia
Tips Sukses Diet Mediterania, Diet Terbaik di Dunia

Tips Sukses Diet Mediterania, Diet Terbaik di Dunia

Siapa bilang diet harus menyiksa tubuh? Tidak makan seharian hingga tubuh lemas sangat tidak disarankan ya, Moms. Kini sudah banyak kok, metode diet yang sehat dan tidak menyiksa tubuh, salah satunya adalah diet mediterania. Mengutip The U.S. News and World Report, diet mediterania dinyatakan sebagai diet terbaik 2019. Wow, keren! Ketahui lebih jauh mengenai diet yang satu ini yuk, Moms!


Apa Itu Diet Mediterania?

Menurut Mayo Clinic, diet Mediterania adalah cara makan berdasarkan makanan-makanan tradisional dari berbagai negara di Laut Mediterania. Tidak ada definisi lebih jelas yang memaknai diet Mediterania, karena pada dasarnya ini adalah pola makan sehat dengan mengonsumsi sayuran, buah, whole grains, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.



Komponen utama makanan diet Mediterania adalah:

• Setiap hari mengonsumsi sayuran, buah-buahan, whole grains, dan lemak sehat.

• Setiap minggu mengonsumsi ikan, daging unggas, kacang-kacangan, dan telur.

• Porsi sedang produk olahan susu.

• Sesekali mengonsumsi daging merah.

Elemen penting lainnya dalam diet Mediterania adalah berbagi makanan dengan keluarga dan teman, menikmati segelas wine, dan menjaga fisik selalu aktif.


Tips Sukses Diet Mediterania

Anda tertarik mencoba diet Mediterania? Beberapa tips sukses ini bisa membantu Anda, Moms.

• Makan lebih banyak buah dan sayur. Coba targetkan 7 sampai 10 porsi buah dan sayur per hari.



• Pilih whole grains. Daripada memilih roti putih, coba ubah preferensi makanan Anda menjadi serba whole grains, seperti roti whole grains, sereal, dan pasta.

• Jangan takut makan lemak sehat. Coba pilih minyak zaitun daripada mentega (butter). Jadi jika Anda ingin membuat garlic bread, coba oleskan dengan minyak zaitun saja, bukan mentega.

• Makan lebih banyak seafood. Makanlah ikan dua kali seminggu. Pilihannya boleh ikan tuna, salmon, makarel, atau ikan berlemak sehat lainnya. Hindari ikan yang digoreng dengan penuh minyak ya, Moms.

• Kurangi konsumsi daging merah. Gantikan dengan ikan, unggas, atau kacang-kacangan. Jika Anda makan daging merah, pastikan lemaknya sedikit saja, Moms.

• Nikmati produk olahan susu. Anda bisa menikmati greek yoghurt atau plain yoghurt, dan sedikit keju aneka jenis.

• Beri bumbu. Rempah-rempah khas Indonesia adalah kunci penambah rasa pada masakan Anda, tidak perlu berlebihan memberi garam ya, Moms.


Sehat untuk Tubuh!

Diet ini memadukan dasar-dasar pola makan sehat dengan aneka metode memasak khas Mediterania. Diet ini sebenarnya bukan jenis diet baru, karena sudah mulai diminati sejak tahun 1960-an. Diet Mediterania juga telah terbukti baik untuk mengurangi kasus penyakit jantung koroner, dan telah terbukti efektif mengurangi jumlah kematian di beberapa negara Mediterania, seperti Italia dan Yunani. 

Mengutip Mayo Clinic, diet ini menerapkan pola makan sehat yang direkomendasikan oleh Dietary Guidelines for Americans, yang tentu sangat baik untuk mencegah penyakit kronis sehingga hidup lebih sehat berkualitas. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: diet,   diet mediterania,   kesehatan,   makanan