Mother&Baby Indonesia
10 Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan Anda

10 Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan Anda

Moms, Anda tentu sudah familiar dengan kayu manis. Ya, jenis rempah-rempah ini memang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan. Selain menambah rasa dan memiliki aroma yang sedap, ternyata ada banyak manfaat dan khasiat kayu manis bagi tubuh Anda, lho.


Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Ini sejumlah manfaat kayu manis buat kesehatan Anda, Moms.



1. Mengontrol gula darah

Kayu manis dipercaya dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga mencegah kita terkena penyakit diabetes, Moms.

2. Kaya antioksidan

Kayu manis merupakan jenis rempah yang kaya akan kandungan zat antioksidan, seperti olifenol, asam fenolik, dan flavonoid. Antioksidan memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Studi dari University of Michigan Life Sciences Institute, AS, melaporkan bahwa kayu manis mengandung cinnamaldehyde, zat yang berguna untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Anda bisa mengolah kayu manis dengan cara merebusnya bersama air, lalu airnya ditambahkan dengan madu, kemudian Anda tinggal minum, Moms.

4. Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan yang terkandung dalam kayu manis tak hanya menangkal radikal bebas dalam tubuh, tapi juga melindungi kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam gangguan serta tekanan darah tinggi.

5. Meningkatkan fungsi otak

Aroma kayu manis bisa meningkatkan aktivitas otak Anda dan membantu dalam hal berkonsentrasi serta mengingat.



6. Menyeimbangkan hormon

Senyawa cinnamaldehyde yang terkandung dalam kayu manis juga bermanfaat untuk mengatur dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

7. Meringankan rematik

Kayu manis dapat mengurangi penyebab rematik. Sitikon yang mengakibatkan terjadinya rematik dapat diminimalisir oleh kayu manis.

8. Untuk kesuburan

Buat pasangan suami istri yang mendambakan buah hati, kayu manis bisa menjadi salah satu solusinya. Rempah ini berkhasiat memperlancar siklus menstruasi buat Moms yang punya jadwal datang bulan tidak teratur. Selain itu, kayu manis juga mampu mengurangi risiko wanita terkena Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), penyakit yang wajib diwaspadai pada wanita agar tak mengganggu proses kehamilan.

9. Menghangatkan tubuh

Kayu manis sejak lama telah dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Di luar negeri, saat musim dingin tiba, orang-orang biasanya mengkonsumsi minuman yang mengandung kayu manis untuk menghangatkan tubuh mereka.

10. Kecantikan kulit

Kayu manis memiliki sifat antibiotik dan antimikroba yang akan melindungi kulit Anda dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi. Karena itu, rempah ini bisa mendukung kecantikan kulit Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kayu manis










Cover April 2020