Mother&Baby Indonesia
Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Kawat Gigi?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Kawat Gigi?

Senyum yang indah memang riasan wajah yang paling menawan ya, Moms. Namun sayang, gigi yang kurang rapi bisa mengganggu senyum di wajah Anda. Jika Anda bermasalah dengan kerapian gigi, jangan khawatir dulu, Moms! Karena ada beberapa cara tepat untuk merapikan gigi, salah satunya dengan menggunakan kawat gigi.

Kawat gigi memang bukan sekadar tren, karena ini benar-benar efektif merapikan struktur gigi Anda, sehingga senyum yang lebih menawan pun bisa Anda dapatkan. Pertanyaannya, kapan sih waktu yang tepat untuk memakai kawat gigi? Agar tak penasaran, simak penjelasan di bawah ini ya, Moms.




Apakah Saya Butuh Kawat Gigi?

Dokter gigi biasanya merekomendasikan penggunaan kawat gigi untuk meningkatkan penampilan ‘orofacial’ pasiennya. Melalui perawatan ortodontik seperti kawat gigi, berbagai masalah susunan gigi pun bisa diatasi, seperti gigi berantakan, gingsul, overbites dan underbites, posisi rahang tidak proporsional, dan berbagai gangguan terkait engsel rahang.


Kapan Pakai Kawat Gigi?

Pasien dengan masalah ortodontik bisa memakai kawat gigi di hampir semua usia. Namun waktu paling ideal untuk memulai perawatan ini adalah di usia antara 10 dan 14 tahun, ketika kepala dan mulut masih terus tumbuh, dan gigi lebih kondusif untuk dirapikan.

Namun perlu diingat, perawatan kawat gigi bukan hal yang menyenangkan dan memakan waktu yang tidak sebentar, maka sebelum memasangkan kawat gigi untuk anak Anda, pastikan ia sudah tahu pasti apa yang akan ia rasakan. Sebaiknya tidak memaksakan perawatan ini untuk Si Kecil, atau lebih baik menunggu hingga ia siap ya, Moms. Begitu juga jika anak memaksa ingin dipasangkan kawat gigi hanya untuk mengikuti tren, padahal ia tidak membutuhkannya.



Bolehkah orang dewasa memakai kawat gigi? Tentu saja boleh, karena kawat gigi tidak hanya terbatas untuk anak dan remaja saja, Moms. Kini semakin banyak orang dewasa yang memakai kawat gigi untuk merapikan gigi mereka, tentunya agar senyumnya semakin menawan, ya.


Berapa Lama Pakai Kawat Gigi?

Beda orang, beda kasus, tentu juga beda lama perawatannya. Semua bergantung pada seberapa berat kasus yang dimiliki. Semakin berat kasusnya, tentunya semakin lama Anda harus memakai kawat gigi.

Kebanyakan pasien menggunakan kawat gigi selama 18 sampai 30 bulan, kemudian diikuti dengan perawatan menggunakan retainer selama beberapa bulan sampai hingga 24 bulan. Retainer biasanya hanya dipakai di malam hari, atau hanya dilepas saat makan. Fungsi retainer adalah menjaga kerapian gigi dan meratakan sel-sel yang ada di sekitar gigi yang sudah dirapikan kawat gigi. Tertarik mencoba kawat gigi, Moms? (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kawat gigi,   mulut,   gigi,   retainer,   kecantikan,   ortodontik,   dentist