Mother&Baby Indonesia
Persiapan Lengkap saat Liburan Mendadak, Bisa Dong!

Persiapan Lengkap saat Liburan Mendadak, Bisa Dong!

Rencana melakukan liburan bersama keluarga mungkin sudah dibuat. Namun, pekerjaan yang terus menumpuk membuat Anda tidak sempat memesan tiket pesawat atau hotel. Lalu, apakah berarti keluarga Anda tak jadi berlibur?

Oh, tentu saja tidak! Anda dan keluarga tetap bisa berlibur meski mendadak, kok. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melakukan liburan keluarga yang tak direncanakan. Simak tips dari M&B berikut agar liburan tetap menyenangkan meski tak terencana.




Fleksibel

Pastikan Anda fleksibel dan terbuka dengan berbagai pilihan liburan, entah itu di dalam kota, dalam negeri, atau ke luar kota dan luar negeri. Berundinglah dengan anggota keluarga untuk menentukan lokasi dan jenis liburan yang diinginkan bersama.


Tempat Liburan Baru

Cobalah untuk berlibur ke tempat liburan yang belum pernah Anda dan keluarga kunjungi sebelumnya. Untuk memulai, cobalah tempat liburan yang dekat dengan rumah Anda atau bisa dijangkau hanya dengan mobil. Pastikan tempat liburan, serta penginapan yang disinggahi adalah yang ramah anak atau memiliki fasilitas bermain untuk Si Kecil ya, Moms.


Mengambil Paket Tur

Untuk mempermudah perjalanan Anda dan keluarga, pilihlah paket tur yang banyak disediakan oleh agen perjalanan. Dengan begini, Anda tak perlu memikirkan harus pergi ke mana saja di suatu tujuan wisata. Paket tur juga biasanya menyediakan hotel dengan makanan selama di tempat liburan. Mudah, bukan?


Ketahui Budget Anda

Sebelum memutuskan untuk berlibur bersama keluarga, ketahui juga budget Anda. Sebab, Anda mungkin sulit untuk mendapatkan harga dan penawaran yang murah ketika liburan mendadak, khususnya saat libur sekolah atau peak season.



Agar tak mengganggu, mungkin Anda harus mempersingkat waktu liburan atau mencari lokasi objek wisata yang lebih murah, seperti pantai. Selain itu, pastikan bawaan Anda juga ringkas dan tidak terlalu banyak, supaya tak kesulitan saat membawanya.


Jadilah Kreatif!

Memilih liburan kreatif tak harus ke tempat wisata yang jauh atau mewah. Anda bisa ambil inisiatif lain untuk mencari lokasi yang terjangkau dengan budget Anda, sekaligus memanfaatkannya untuk mengembangkan kreativitas serta pengetahuan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Camping: Pilihlah lokasi camping yang aman dan nyaman untuk keluarga anak-anak. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih mengenal alam terbuka, bahkan bisa bermain outbound dan kegiatan lain yang bisa mendekatkan anggota keluarga.

2. Wisata Karya: Ada Museum Tekstil atau Museum Keramik di Jakarta yang bisa dikunjungi, untuk menunjukkan cara membuat sebuah prakarya. Di sana, Anda akan mendapatkan pengetahuan seperti cara membatik atau seni kriya dan kesenian lain, tentu dengan cara yang mudah dipahami.

3. Wisata Sejarah: Selain museum di atas, ada juga tempat bersejarah lain yang memiliki nilai sejarah. Menyenangkan sekaligus penuh ilmu, ya!

4. Liburan ke Toko Buku: Jika Anda atau Si Kecil suka membaca buku apa pun itu, toko buku bisa jadi tempat wisata yang seru. Di sana, ada banyak buku bacaan yang menarik dan pastinya memuaskan liburan keluarga. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   informasi untuk ayah,   liburan








Cover Maret 2020