Mother&Baby Indonesia
Tips Jitu Cegah Drama saat Mengajak Anak Bertamu

Tips Jitu Cegah Drama saat Mengajak Anak Bertamu

Bertamu dengan Si Kecil bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, sekaligus penuh tantangan. Moms mungkin pernah merasakannya, kan?

Bepergian dengan Si Kecil, mengajaknya untuk mengunjungi teman lama atau saudara jauh tentu akan menjadi pengalaman baru baginya. Akan tetapi terkadang rasa bosan melanda Si Kecil sehingga drama pun dimulai. Anak mulai berulah, seperti menaiki kursi, berteriak-teriak, hingga memaksa Anda untuk segera pulang.

Guna mencegah hal tersebut terjadi, yuk lakukan beberapa tips berikut ini, Moms:




1. Ajari Bersikap

Sebelumnya, ajari Si Kecil cara bersikap yang baik saat bertamu, misalnya mengucapkan salam atau bersalaman, berkata dengan pelan dan sopan, serta duduk manis di rumah orang. Jangan lupa memberi contoh ya Moms. Pasalnya, anak-anak biasanya mempelajari banyak hal dengan mencontoh perbuatan Moms dan Dads.


2. Siapkan Mainan

Saat bertamu, Anda tentu tidak memiliki kesempatan untuk bermain dengan Si Kecil. Oleh sebab itu, siapkan mainan favorit yang bisa menemaninya ketika Anda sibuk dengan tuan rumah. Moms, juga bisa mengajak Si Kecil untuk bertamu ke rumah tetangga, kerabat, atau teman lama yang memiliki anak sebaya. Dengan begitu, Si Kecil memiliki teman bermain ketika Anda dan tuan rumah asyik mengobrol.


3. Pilih Waktu

Si Kecil belum bisa menahan rasa lapar atau mengantuk. Jadi sangat disarankan, Moms tidak mengajaknya bertamu pada waktu makan atau tidurnya. Rasa lapar dan mengantuk biasanya akan memengaruhi sikap anak. Jika diperlukan, Moms juga bisa membawa camilan favorit Si Kecil untuk mengantisipasi jika ia merasa lapar.

Pastikan anak Anda juga dalam kondisi sehat sehingga tidak mudah lelah ketika diajak bepergian. Anak yang sedang flu atau batuk, meski dalam taraf ringan, biasanya lebih mudah merasa letih dan rewel. 




4. Batasi Waktu

Selain memilih waktu yang tepat, Anda juga perlu membatasi waktu bertamu. Jangan sampai Moms keasyikan mengobrol selama berjam-jam sehingga Si Kecil pun menjadi bosan menunggu. Kegiatan menunggu jika bisa menyebabkan Si Kecil kelelahan lho, Moms.


5. Mengingatkan

Sikap Si Kecil tidak seperti yang Anda harapkan? Bungkukkan tubuh Anda hingga sama tinggi dengan Si Kecil, lalu bicaralah dengan lembut untuk mengingatkannya, “Adik ingat apa yang tadi Mama katakan?”. 

Jangan berkata kasar atau menggunakan nada tinggi ketika menegur anak saat berada di rumah orang. Alih-alih membuat Si Kecil menurut, Anda justru akan membuatnya malu di depan orang lain. Akibatnya, anak akan kehilangan kepercayaan diri atau justru semakin bertingkah guna menunjukkan dirinya.


6. Beri Hadiah

Jika Si Kecil bersikap baik dan sesuai dengan harapan, tidak ada salahnya Anda memberi hadiah jika ia mampu mempertahankan sikap manis itu. Hadiah tersebut akan mengingatkan Si Kecil untuk selalu bersikap manis. Oya Moms, terkadang memberikan pujian seperti mengatakan “Adik pintar ya. Tidak rewel saat di rumah tante,” juga sudah menjadi semacam penghargaan bagi anak. Ia tentunya akan merasa senang dan termotivasi untuk terus menjaga sikapnya.


7. Biasakan Bertamu

Salah satu cara agar anak mau menjaga sikap saat berkunjung ke rumah orang lain adalah dengan membiasakannya bertamu. Pada awalnya, Moms bisa mengajak anak bermain ke rumah tetangga terdekat. Jika ia sudah terbiasa menjaga sikap saat berkunjung ke rumah tetangga, Anda bisa sesekali mengajaknya bertamu ke rumah teman atau kerabat yang agak jauh dan jarang ditemui. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak bertamu,   balita bertamu










Cover Mei-Juni-Juli 2020