Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Isi Hati Anak Pertama yang Perlu Anda Ketahui

Moms, Ini Isi Hati Anak Pertama yang Perlu Anda Ketahui

Moms, berapa jumlah anak Anda? Satu, dua, atau tiga? Buat Anda yang memiliki anak lebih dari satu, tentunya Anda sering memperhatikan perbedaan karakter antara anak pertama dan anak kedua serta seterusnya.

Ya, ada banyak teori yang menyebutkan bahwa urutan kelahiran anak akan berpengaruh terhadap kepribadian mereka. Salah satunya, kebanyakan orang akan beranggapan bahwa anak pertama akan menjadi sosok yang dewasa dan mandiri karena menjadi anak yang lahir lebih dulu. Si sulung juga akan bisa Anda andalkan untuk membantu Anda dan menjadi pelindung bagi adik-adiknya.

Baca juga: Berapa Jarak Usia Ideal Kakak dan Adik?



Memang, memiliki harapan seperti di atas buat anak sulung Anda adalah sesuatu yang wajar, Moms. Meskipun begitu, boleh dikatakan tidak selamanya anak pertama akan bersikap demikian, apalagi jika si sulung ternyata masih balita. Ia juga sama seperti anak-anak lainnya lho, Moms.

Karena itu, sebagai orang tua, Moms juga harus mengetahui apa isi hati anak pertama Anda. Hal ini perlu dilakukan agar Si Kecil terhindar dari tekanan untuk harus bisa menjadi seseorang yang sesuai dengan ekspektasi orang tuanya.

Berikut ini kemungkinan apa yang ada di dalam benak anak pertama yang mungkin saja akan ia ungkapkan pada Anda, Moms.


Aku Juga Perlu Dibantu

Umumnya orang tua akan beranggapan bahwa anak pertama sudah bisa mandiri dan melakukan semua tugasnya tanpa perlu dibantu. Si sulung juga bahkan akan bisa Anda andalkan untuk membantu Anda mengurus dan merawat adiknya.

Namun, bukan berarti anak sulung tidak perlu bantuan sama sekali lho, Moms. Si Kecil juga kadang tidak tahu mesti bagaimana dan berbuat apa. Jadi, ia pasti akan sedih jika ia terlihat bingung dan minta bantuan, Anda malah berkata, “Kakak kok enggak bisa mandiri, sih.”

Padahal, ada kalanya ia menemui kebuntuan untuk melakukan sesuatu dan butuh pertolongan dari orang lain. Moms tentu tidak bisa langsung mengharapkan Si Kecil bisa melakukan semuanya sendiri, karena kemandirian seorang anak tumbuh secara bertahap, tidak langsung ada begitu saja.

Jadi, usahakan untuk melatih si sulung mandiri sejak usia dini dan dimulai dari hal-hal yang sederhana. Jika ia butuh bantuan, itu adalah hal yang wajar dilakukan oleh seorang anak, Moms.




Aku Juga Butuh Diperhatikan

Memiliki adik adalah momen menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan bagi si kakak. Apalagi ia tahu kalau perhatian Anda akan terbagi. Kecemburuan yang ditunjukkan kakak terhadap adik kecilnya merupakan hal yang sangat wajar. Fakta juga menunjukkan tidak ada seorang anak pun di dunia ini yang tidak merasa cemburu dengan kehadiran adiknya.

Untuk itu, Moms mesti berusaha membagi perhatian sama besar pada kakak dan adik. Karena bukan tidak mungkin si kakak berteriak dalam hati bahwa ia juga butuh perhatian dari Anda orang tuanya.

Moms bakal menemukan momen-momen di mana si sulung tiba-tiba ogah makan kalau tidak Anda suapi atau menolak tidur siang kalau tidak Anda temani. Untuk mengatasi hal ini, tenangkan diri Anda, tarik napas, dan berikan pengertian dengan cara yang lembut namun tegas kepadanya.

Baca juga: 10 Tips Atasi Masalah Kakak Cemburu pada Adik


Aku Akan Selalu Melindungi Adikku

Punya dua orang anak atau lebih sudah pasti butuh tenaga ekstra untuk menangani mereka ya, Moms. Tidak jarang Anda mendapati kakak dan adik ribut dan bertengkar karena hal-hal sepele, misalnya rebutan mainan.

Jika hal ini terjadi, seringkali si kakak yang akan disuruh mengalah. Akibatnya, si sulung akan marah, dan bisa saja ia ‘balas dendam’ dengan cara menjahili adiknya di waktu yang lain.

Meskipun begitu, Moms harus tahu bahwa si sulung selalu menyayangi dan melindungi adiknya. Jika suatu saat Anda memarahi si adik, bisa saja si kakak justru akan membelanya dan mengomel balik pada Anda. Jika ini terjadi, Anda akan tahu bahwa si kakak akan selalu menjadi pelindung yang baik bagi si adik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak pertama,   anak sulung,   kakak adik








Cover Januari - Februari 2020