Mother&Baby Indonesia
Cara Lindungi Anak Anda dari Ancaman Pengidap Pedofilia

Cara Lindungi Anak Anda dari Ancaman Pengidap Pedofilia

Moms tentu pernah mendengar istilah pedofil atau sebutan bagi pengidap pedofilia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pedofilia adalah kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai objek seksnya. Lebih dalam lagi, pedofilia membuat pengidapnya berfantasi atau terdorong untuk melakukan kegiatan seksual dengan anak usia 13 tahun ke bawah.

Pengidap pedofilia umumnya pria dan mengincar anak laki-laki maupun perempuan sebagai mangsanya. Jumlah pria yang mengidap pedofilia hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Tetapi, jumlah tertinggi pria yang mengidap kelainan ini dalam suatu populasi bisa mencapai 3-5 persen. Mengerikan, bukan?

Meski sudah ada beberapa kasus, di mana para pedofil ini sudah tertangkap oleh pihak berwajib, bukan berarti kondisi Si Kecil sudah aman. Mereka tetap ada, dan tugas Anda adalah memberi perlindungan serta pengetahuan kepada Si Kecil agar tidak menjadi salah satu mangsa mereka.




Waspada Terhadap Orang yang Dekat dengan Anak

Anak-anak yang kurang perhatian atau merasa kesepian merupakan sasaran empuk bagi para pedofil. Sayangnya, pengidap kelainan ini cukup sulit dikenali, karena biasanya mereka hanya dianggap sebagai sosok yang sayang terhadap anak-anak ketika dekat dengan mereka.

Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada jika ada pria dewasa yang tampak sangat menyayangi Si Kecil, termasuk keluarga dekat, apalagi jika tindakannya tampak berlebihan. Misalnya, sering membawanya pergi tanpa sepengetahuan Anda atau bermain di kamar tanpa pengawasan. Anda mungkin akan terlihat sedikit paranoid, tetapi waspada itu harus, bukan?


Penyebab Seseorang bisa Menjadi Pedofil

Belum diketahui mengapa seseorang bisa mengidap kelainan ini. Ada beberapa yang mengatakan bahwa pedofilia disebabkan oleh faktor keluarga. Tetapi, belum jelas apakah yang dimaksud adalah faktor genetik atau perilaku dalam keluarga tersebut.

Ada pula yang menyebut kelainan hormon pria atau kelainan serotonin kimia otak yang menyebabkan munculnya pedofilia. Kekerasan seksual yang terjadi di masa kecil juga disebut dapat menjadi faktor penyebab seseorang menjadi pedofil. Agar Moms dapat melindungi Si Kecil dari pelaku seksual ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti dikutip dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), Care for Humanity:

1. Pastikan Anda memandikan dan memakaikan sendiri baju Si Kecil atau ia memakainya sendiri.



2. Selalu periksa bagian tubuh Si Kecil secara detail. Tanyakan dengan lembut jika ada sesuatu yang janggal.

3. Jangan biarkan orang tidak dikenal menyentuhnya.

4. Luangkan waktu untuk selalu mengobrol dan mendengarkan cerita Si Kecil.

5. Berikan kasih sayang dan pelukan sesering mungkin.

6. Pastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang sopan meski masih bayi atau balita.

7. Jangan pernah memarahi dan menyalahkan Si Kecil, apalagi di depan umum.

8. Pastikan Anda selalu berkata baik dan lembut kepada Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   pedofil