Mother&Baby Indonesia
Manfaat Jambu Biji untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Manfaat Jambu Biji untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Apakah bayi Anda sudah memasuki usia MPASI, Moms? Yeaaayyy! kini waktunya untuk berkreasi dengan berbagai makanan sehat nih, Moms. Salah satu menu MPASI yang enak dan pasti disukai Si Kecil adalah buah jambu biji atau guava. Buah yang satu ini tak hanya lezat, namun juga banyak manfaatnya untuk menunjang tumbuh kembang bayi Anda.

Kapan bayi boleh makan jambu biji? Apa manfaat jambu biji untuk bayi? Bagaimana cara aman memberikan bayi jambu biji? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan Anda, baca info-info menarik ini yuk, Moms.




Cara Menyajikan MPASI Jambu Biji

Ingat, jambu biji memiliki biji-biji kecil dan keras yang mungkin sulit untuk diolah di dalam saluran cerna Si Kecil. Maka, perhatikan cara aman untuk menyajikan jambu biji berikut ini:

1. Semua makanan bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada anak, termasuk jambu biji. Maka setelah memberikan puree jambu biji untuk bayi, tunggu beberapa hari (disarankan setidaknya 3 hari) untuk melihat apakah anak Anda alergi jambu biji. Jika aman, Anda boleh memberikannya lagi.

2. Walau mungkin bayi Anda menyukai jambu biji, namun sebaiknya jangan memberinya jambu biji setiap hari ya, Moms. Batasi konsumsi jambu biji hanya 1 atau paling banyak 2 kali seminggu, karena buah ini mengandung asam alami yang mungkin bisa memicu ruam popok.

3. Berikan sedikit demi sedikit, dan pastikan Anda sudah mengolah jambu biji dengan benar. Caranya, cuci bersih, kupas, dan potong jambu biji. Rebus atau kukus jambu, lumatkan, dan saring (pastikan bijinya tidak ada yang tersisa lagi). Berikan puree lembut tersebut sedikit demi sedikit.


Kapan Bayi Boleh Makan Jambu Biji?

Tentu saja jambu biji aman dikonsumsi bayi yang sudah memasuki usia MPASI (6 bulan ke atas). Tetapi, perhatikan teksturnya dan pastikan sudah tidak ada biji dan kulitnya ya Moms, agar Si Kecil tidak tersedak. Daging jambu biji juga tergolong keras untuk bayi, terutama yang baru belajar menikmati MPASI, jadi sebaiknya kukus terlebih dahulu jambunya sebelum diberikan buat Si Kecil. Moms juga bisa membuat puree dari campuran jambu biji dan buah lain atau bahkan sayuran lain, misalnya mencampur jambu biji dengan buah pir atau brokoli.




Manfaat MPASI Jambu Biji untuk Anak

• Menjaga kesehatan mata, karena jambu biji kaya akan vitamin A.

• Meningkatkan daya tahan tubuh, berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

• Mencegah kanker, karena tingginya kadar antioksidan seperti vitamin A, C, E, dan lycopene.

• Mengoptimalkan perkembangan otak. Buah asam manis yang satu ini kaya akan folat, riboflavin, vitamin B3, B6, K, dan thiamin, semuanya baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi.

• Menjaga kesehatan saluran cerna karena jambu biji tinggi serat.

• Mencegah dan meredakan konstipasi, Terima kasih untuk kandungan serat yang banyak terdapat dalam jambu biji.

• Mencegah obesitas. Buah ini kaya akan kandungan air dan serat, sehingga anak akan merasa kenyang lebih lama. Jambu biji juga baik untuk dijadikan menu camilan balita nih, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   makanan bayi,   nutrisi,   jambu biji,   guava










Cover Mei-Juni-Juli 2020