Mother&Baby Indonesia
Tips Simpel dan Praktis Membuat MPASI Homemade

Tips Simpel dan Praktis Membuat MPASI Homemade

Menginjak usia 6 bulan, Si Kecil telah lulus ASI eksklusif dan kini tiba waktunya untuk mencoba makanan pendamping ASI (MPASI). Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mencoba MPASI, mulai dari persiapan menu, peralatan, hingga mengecek kesiapan Si Kecil untuk makan.

Tentunya Moms ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, kan? Untuk itu, MPASI homemade bisa menjadi pilihan Anda, karena terbuat dari bahan-bahan alami dan segar. Namun, menyiapkan MPASI homemade memang bukan perkara gampang ya, Moms. Ya Moms, membuat MPASI homemade adalah momen yang bisa membuat para ibu deg-degan. Banyak ‘drama’ yang bisa terjadi, mulai dari khawatir salah membuat takaran, ribet karena kesibukan atau pekerjaan kantor, sampai kehabisan ide memikirkan variasi menu yang akan diberikan untuk Si Kecil. Tenang Moms, agar Anda bebas ribet dalam menyiapkan MPASI Si Kecil, namun nutrisi dan gizi Si Kecil tetap terpenuhi, simak tips berikut dari M&B, ya.




1. Buat Jadwal

Untuk lebih memudahkan, Moms bisa menyusun jadwal menu bulanan atau minimal mingguan. Dengan membuat jadwal, Moms bisa mengoptimalkan asupan gizi yang masuk untuk anak juga memvariasiakan menu. Selain itu, jadwal yang pasti juga akan memudahkan saat belanja. Karena semua sudah dihitung berdasarkan jadwal menu, Anda tidak akan kekurangan atau berlebihan saat belanja.


2. Bahan Sesuai Menu Keluarga

Agar tidak pusing, samakan bahan-bahan MPASI Si Kecil dengan menu keluarga ya, Moms. Misalnya, hari ini Anda menggunakan daging ayam dan wortel untuk Si Kecil, Anda juga bisa menggunakan kedua bahan tersebut untuk menu keluarga, tentunya dengan cara pengolahan yang berbeda. Pastikan setiap menu mengandung karbohidrat, protein, sayur, lemak hewani, dan lemak nabati ya, Moms.


3. Alat yang Tepat

Saat ini, urusan mengolah MPASI sudah dipermudah oleh berbagai peralatan canggih untuk MPASI. Salah satunya, Moms bisa menggunakan slow cooker. Dengan slow cooker, Moms bisa menyiapkan MPASI Si Kecil sedari malam sebelum tidur, dan tidak perlu khawatir akan nutrisi yang menguap saat proses pemasakan. Moms tinggal menambahkan sayuran saat bangun pagi dan menyaringnya sesuai tekstur makanan Si Kecil saat waktu makan tiba.


4. Variasikan Cara Memasak

Jika memasak setiap hari terlalu melelahkan bagi Moms, luangkan waktu tiap weekend untuk masak menu satu minggu. Variasikan menu yang bisa dikukus dan dipanggang, jadi dari bahan yang sama nantinya ada yang dikukus atau dipanggang agar Si Kecil tidak bosan. Moms juga bisa memadukan MPASI instan seperti bubur polos CERELAC Risenutri dengan MPASI homemade. Karena merupakan bubur polos, CERELAC Risenutri sangat mudah untuk dikreasikan dengan topping favorit Si Kecil. Teksturnya pun pas untuk Si Kecil yang sedang mengawali masa MPASI.


5. Disimpan Saja!

Moms tetap bisa membuat MPASI dalam jumlah yang cukup banyak untuk kemudian disimpan, kok. Caranya, setelah MPASI untuk Si Kecil selesai dimasak, dinginkan makanan, lalu tuang ke dalam ice cubes (cetakan es batu) atau wadah-wadah kecil, lalu simpan di dalam freezer. Sesuaikan cube atau wadah dengan porsi makanan Si Kecil, misalnya satu porsi MPASI untuk Si Kecil ditaruh di dalam 1 cube atau wadah. Jangan lupa memberikan label pada cube atau wadah bertuliskan keterangan isi dan tanggal yang disesuaikan dengan jadwal MPASI Si Kecil ya, Moms. MPASI yang diolah dengan cara dimasak juga tidak disarankan disimpan lebih dari seminggu karena dikhawatirkan akan berubah rasanya. Sedangkan untuk MPASI dari buah, Moms bisa menyimpannya lebih lama.




6. Hemat Waktu


Memasak dengan proses yang beraneka ragam tentu membuat waktu masak jadi makin panjang, Moms. Oleh sebab itu, di tahap awal, pilihlah menu MPASI yang proses pembuatannya terbilang sederhana atau membuat Moms hanya perlu menerapkan satu metode masak. Makin sederhana metode masak yang diperlukan, Moms pun bisa menyajikan MPASI lebih cepat. Dengan begitu, Si Kecil tak akan rewel dan membuat Moms panik saat menyiapkan MPASI untuknya. Bubur polos CERELAC Risenutri hadir untuk memudahkan proses membuat MPASI serta menghemat waktu Moms. Cara membuatnya sangat praktis dan mudah, Moms. Anda hanya perlu mencampurkan 5 sendok makan (50 g) bubur polos CERELAC Risenutri dan 150 ml air hangat lalu mengaduknya. Kemudian tambahkan topping-nya sesuai selera Si Kecil. Hanya dalam waktu 1 menit, kreasi MPASI Bunda siap disantap Si Kecil.


7. MPASI Instan? Boleh, Kok

Tidak ada salahnya untuk memberikan Si Kecil makanan instan lho, Moms. MPASI instan yang saat ini beredar di pasaran, terutama dengan merek ternama sudah lolos BPOM dan dinyatakan aman untuk bayi. Memberikan bubur instan kemasan termasuk aman, bahkan sudah difortifikasi dengan zat besi dan nutrisi tinggi yang dibutuhkan bayi. Ini bisa Moms manfaatkan untuk memudahkan Anda membuat MPASI saat waktunya terbatas. Agar asupan gizi untuk Si Kecil tetap terpenuhi, tentunya Moms harus memilih MPASI instan yang kaya gizi dan nutrisi. CERELAC Risenutri merupakan bubur polos #PasanganMPASIHomemade yang telah difortifikasi dengan zat besi untuk mencukupi kebutuhan zat besi Si Kecil guna tumbuh kembang yang optimal. Moms tak perlu khawatir dengan kecukupan gizinya, karena CERELAC Risenutri dibuat dari beras berkualitas yang juga dilengkapi dengan 10 vitamin dan 6 mineral. (Nanda Djohan/Dok. Freepik, Cerelac)



Tags: mpasi,   cerelac risenutri,   bayi,   mpasi praktis,   mpasi homemade








Cover Januari - Februari 2020