Mother&Baby Indonesia
Ini Tanda-Tanda Organ Hati Bayi Anda Bermasalah Serius

Ini Tanda-Tanda Organ Hati Bayi Anda Bermasalah Serius

Tubuh kita memang diketahui dapat membuang racun-racun dengan sendirinya. Nah, salah satu organ vital yang berperan dalam pembuangan racun ini adalah hati. Organ hati pun berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah, sekaligus meleburkan lemak dan menjadikannya sebagai energi.

Karena itu, jika terjadi masalah pada organ hati, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Sayangnya, masalah yang terjadi di organ hati tak hanya dialami orang dewasa, tetapi juga bisa dialami bayi Anda, Moms. Agar lebih waspada dan bisa ditangani secepat mungkin, perhatikan tanda-tanda masalah serius pada organ hati yang dialami Si Kecil, berikut ini:




1. Air Seni Gelap Pekat

Normalnya, air seni memiliki warna kuning pucat atau bening. Namun, jika bayi Anda memiliki masalah pada organ hati, air seninya akan berwarna gelap dan pekat. Hal tersebut disebabkan adanya penumpukan bilirubin pada aliran darah, sehingga tersaring dan menjadi air seni.


2. Feses Berwarna Pucat

Apabila feses Si Kecil berwarna pucat atau abu-abu, ada indikasi ia mengalami masalah dengan organ hati. Kondisi tersebut diakibatkan oleh saluran empedu yang tidak normal atau tidak ada penyaringan dari hati ke usus. Bilirubin pun bisa masuk ke saluran pencernaan sehingga feses berwarna tidak normal.


3. Hati Membengkak

Gejala adanya masalah pada organ hati Si Kecil akan mulai muncul beberapa minggu pertama setelah ia lahir. Salah satu yang menunjukkan bahwa masalah semakin serius adalah organ hatinya membengkak. Tandanya perut bagian atas Si Kecil akan mengeras, dan hal ini akan terdeteksi lewat pemeriksaan rutin.




4. Pembengkakan Perut

Selain mengeras, perut Si Kecil juga akan membesar secara tidak wajar, atau disebut asites. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan cairan di rongga perut. Penyebabnya karena adanya pelebaran pembuluh darah dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuhnya.


5. Sakit Kuning (Jaundice)

Bayi yang menguning, khususnya di area kulit dan mata, menjadi tanda ada masalah pada organ hati Si Kecil. Jika tidak berat, kondisi yang terjadi selama dua sampai tiga hari pertama kehidupannya ini akan membaik setelah dua minggu kemudian. Namun, apabila kondisi ini bertahan selama lebih dari dua minggu, maka dokter akan melakukan tes bilirubin untuk pemeriksaan lebih lanjut.


6. Muntah Darah

Gejala yang cukup berbahaya adalah Si Kecil mengeluarkan darah dari muntah atau fesesnya. Hal ini menjadi tanda gangguan hati sudah memengaruhi saluran gastrointestinal bagian atas. Kondisi ini pun akan disertai dengan berat badan bertambah meski ia kehilangan selera makan, dan air seni yang berwarna kuning. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kesehatan,   hati,   penyakit bayi,   gangguan hati