Mother&Baby Indonesia
Tips Dokter untuk Menjaga Kulit Bayi yang Sensitif

Tips Dokter untuk Menjaga Kulit Bayi yang Sensitif

Sembilan bulan di dalam kandungan, cairan ketuban melindungi bayi Anda dengan sempurna. Ketika ia dilahirkan, kesehatan kulit Si Kecil bergantung pada perawatan kulit yang Moms berikan. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa pertanyaan dari pembaca M&B, dan dr. Cynthia Natalia Wibowo, SpKK, dari Medikaloka Health Care, telah menjawabnya. Simak jawaban dr. Cynthia seputar perawatan kulit bayi yuk, Moms.


Benarkah bayi tidak boleh mandi dengan sabun dan memakai pelembap kulit?

Jawab: Memandikan anak hanya dengan air adalah mitos yang salah. Di negara tropis seperti Indonesia, kuman berkembang lebih cepat. Salah satu cara untuk menghilangkan kuman adalah dengan mandi menggunakan sabun. Tentu saja, bukan sabun antibakteri untuk orang dewasa melainkan sabun khusus untuk bayi. Tentu saja bayi boleh diberi losion atau pelembap kulit. Bahkan sejak baru lahir pun, losion untuk bayi aman digunakan.




Bagaimana memilih produk perawatan kulit yang aman dan cocok untuk bayi?

Jawab: Memilih produk perawatan kulit yang aman dan cocok bagi bayi, tidaklah terlalu sulit. Pilih saja berdasarkan merek yang sudah lama eksis di bidang perawat kulit bayi atau yang direkomendasikan oleh dokter anak Anda. Pilih juga produk yang memiliki logo atau sertifikasi uji klinis untuk menjamin keamanannya. Selama kulit bayi Anda tidak bermasalah setelah memakai produk itu, artinya produk tersebut cocok untuknya.


Jika pada orang dewasa produk perawatan kulit dibagi dalam kategori kulit kering, normal, berminyak. Apakah produk perawatan bayi juga demikian?

Jawab: Biasanya faktor genetik atau keturunan memberi pengaruh pada tipe kulit bayi. Faktor suhu dan kelembapan juga sangat berpengaruh pada kulit. Memakai AC (penyejuk udara) atau memandikan bayi dengan air hangat dapat membuat kulit bayi menjadi lebih kering. Untuk mengatasinya, bayi perlu sabun khusus yang mengandung minyak alami dengan pH 5.5.



Losion bayi juga baik sekali dipakai sehabis mandi untuk menjaga kelembapan kulit. Aplikasikan krim itu sambil memijat punggung. Oleskan secara merata pada seluruh tubuh terutama di bagian kulit lengan atau tungkai bawah bagian luar yang cenderung lebih kering.


Saya takut produk perawatan kulit bayi bisa menimbulkan reaksi alergi. Ada cara untuk mengetes kecenderungan alergi tersebut?

Jawab: Penyebab alergi pada bayi biasanya adalah dari makanan dan faktor lingkungan, misalnya debu, dingin, atau panas. Sedangkan produk perawatan kulit tidak akan menimbulkan alergi. Apalagi, produk untuk bayi biasanya sudah dites hipoalergenik.

Ibu harus tahu bahwa seseorang akan menjadi alergi bila terpapar berulang-ulang pada alergen tertentu. Jika itu terjadi, tubuh akan mengeluarkan reaksi sehingga muncullah alergi. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: dokter,   dermatologi,   kulit,   bayi,   newborn,   kulit sensitif