Mother&Baby Indonesia
8 Trik Jitu untuk Mengganti Popok Si Kecil

8 Trik Jitu untuk Mengganti Popok Si Kecil

Beberapa bayi tak suka saat diganti popoknya atau dipakaikan baju. Terkadang aktivitas ini bisa menjadi ‘perang’ dan tantangan tersendiri buat Anda ya, Moms. Meski sekarang sudah tersedia popok bayi sekali pakai yang relaif praktis, tidak semua orang tua nyaman mengganti popok Si Kecil. Apalagi saat ia rewel, tidak mau diam, atau terus memegang bagian yang belum dibersihkan.

Huh, stres rasanya! Apa sebenarnya yang bisa dilakukan untuk membuat kegiatan mengganti popok jadi menyenangkan dan lebih mudah? Ikuti 8 trik jitu di bawah ini yuk, Moms.


1. Siapkan Mainan

Bawalah mainan Si Kecil saat Anda mengganti popoknya. Anda pun dapat meletakkan mainan di samping bayi. Dengan mainan, perhatiannya akan teralihkan. Ia juga dapat bermain dengan nyaman, senang, juga tenang.




2. Perdengarkan Musik

Ketika mengganti popok bayi, cobalah untuk memutar musik kesukaan bayi. Anda juga dapat menyanyikan lagu seperti Cicak-cicak di Dinding atau lagu kesukaannya yang lain. Keberadaan musik dan irama lagi, bisa membuat bayi Anda lebih tenang saat diganti popoknya.


3. Ganti Secara Berkala

Agar Si Kecil tidak terlanjur rewel karena popoknya basah dan tak nyaman, sebaiknya Anda menggantinya secara rutin. Hal ini juga akan membuatnya terhindar dari ruam popok.


4. Siapkan Semua dalam Jangkauan

Bayi sangat mudah terguling dari tempat diletakkan, apalagi jika ia tidak bisa diam. Karena itu, siapkan semua perlengkapan di dekat Anda: Matras atau pelapis meja ganti, popok bersih, kapas, baskom berisi air hangat, tisu basah, krim antiruam, pakaian bersih, dan handuk.




5. Jika di Luar Rumah 

Jika berada di pusat perbelanjaan, Anda bisa menggunakan fasilitas nursery room. Jika antrean cukup panjang, Anda bisa menggunakan pangkuan Anda sebagai tempat ganti popok. Duduklah dengan nyaman, lalu letakkan kain di pangkuan Anda dan baringkan Si Kecil.


6. Boy Vs Girl

Trik mengganti popok bayi laki-laki dan perempuan tentu berbeda. Bayi laki-laki cenderung pipis ketika penisnya terekspos dengan udara. Karenanya, letakkan handuk di alat kelaminnya ketika Anda mengganti popok. Sedangkan kelamin bayi perempuan harus dibersihkan dengan cara diseka dari bagian belakang ke depan.


7. Berhadapan dengan Kotoran

Jika kotoran terlanjur tercecer ke bagian tubuh bayi, segera bersihkan. Setelah itu, baru seka dengan tisu basah atau kapas yang dibasahi air hangat. Usahakan untuk mengganti kapas atau tisu basah sesering mungkin. Jika kotoran tercecer hingga punggung, sebaiknya mandikan Si Kecil.


8. Temukan Diaper yang Cocok

Untuk menemukan diaper (popok sekali pakai atau pospak) yang cocok dengan Si Kecil, Anda memang harus melakukan trial and error hingga menemukan yang paling cocok dengan anak Anda. Jenis pospak yang cocok biasanya harus disesuaikan dengan aktivitas dan ukuran tubuh bayi. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: popok,   bayi,   anak