Mother&Baby Indonesia
Salah Obat! Belasan Bayi Terkena Sindrom Serigala

Salah Obat! Belasan Bayi Terkena Sindrom Serigala

Belum lama ini dilaporkan setidaknya ada 17 bayi di Spanyol yang mengalami werewolf syndrome atau sindrome serigala. Ini adalah kasus tumbuhnya rambut berlebih di sekujur tubuh bayi. Parahnya, sindrom serigala ini dipicu oleh pemberian obat yang salah!

Awalnya tim medis memberikan obat untuk meredakan heartburn (masalah asam lambung) yang dialami para bayi tersebut, namun bukannya obat heartburn yang diberikan, tim medis justru memberikan obat untuk menghentikan kebotakan rambut. Rambut pun kemudian mulai tumbuh memenuhi tubuh bayi yang mengonsumsi obat tersebut.




Salah Label!

Mengutip The New York Times, Menteri Kesehatan Spanyol, Maria Luisa Carcedo, mengatakan bahwa obat tersebut adalah obat yang label namanya tertukar di laboratorium. Sebuah perusahaan obat Spanyol bernama Farmaquimica Sur, telah salah memberi label omeprazole (obat pereda asam lambung), pada minoxidil (obat penumbuh rambut).

Laboratorium tersebut langsung ditutup dan semua obatnya ditarik dari pasaran. Menteri Kesehatan Spanyol juga memastikan para wartawan kalau sekarang tidak ada lagi obat salah label omeprazole yang beredar di Spanyol.


Sindrom Serigala

Sebenarnya, apa yang terjadi pada para penderita sindrom serigala? Menurut Health Line, sindrom serigala ini disebut hypertrichosis dalam medis. Cirinya adalah pertumbuhan rambut berlebih yang bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Pertumbuhan rambut abnormal ini bisa menutupi seluruh wajah dan tubuh, namun bisa juga tumbuh hanya di beberapa bagian kecil saja.

Walau masalah ini terhitung langka, namun ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Penderitanya pun bisa langsung terkena sindrom serigala sejak baru lahir, atau tumbuh seiring bertambahnya usia.




Tipe Hypertrichosis

1. Congenital hypertrichosis lanuginosa: Awalnya tampak seperti lanugo (rambut halus pada newborn). Namun lanugo tersebut bukannya hilang dalam beberapa minggu setelah lahir, rambut halus tersebut justru semakin lebat dan tumbuh lagi di beberapa bagian lain tubuh.

2. Congenital hypertrichosis terminalis: Pertumbuhan rambut abnormal dimulai sejak baru lahir dan terus tumbuh sepanjang masa. Rambut ini biasanya panjang dan lebat, bisa menutupi wajah dan tubuh.

3. Nevoid hypertrichosis: Pertumbuhan berbagai jenis rambut secara berlebih dan muncul di beberapa area tertentu. Dalam beberapa kasus, bisa muncul lebih dari satu pola rambut.

4. Acquired hypertrichosis: Tidak seperti congenital hypertrichosis yang rambut berlebih tumbuh sejak baru lahir, tipe yang satu ini baru tumbuh rambut berlebih saat penderitanya sudah dewasa. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   hypertrichosis,   rambut,   persalinan,   newborn








Cover September 2019

Related Article