Mother&Baby Indonesia
Membagi Waktu antara Anak dan Suami dengan Adil

Membagi Waktu antara Anak dan Suami dengan Adil

T: Bagaimana tips untuk membagi waktu agar bisa bonding dengan anak dan suami secara adil, tetapi tetap punya me time? Apa saja manfaat bonding?

J: Bonding banyak manfaatnya untuk tumbuh kembang balita, baik secara psikologis maupun fisiologis. Di antaranya, dengan bonding yang terjalin baik, anak akan merasa dicintai, merasa berharga, dan orang tuanya selalu ada untuknya.

Rasa ini akan berpengaruh pada pengembangan rasa percaya diri anak. Adalah tugas orang tua untuk memberikan pengetahuan dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik kepada anak. Tentu jika bonding anak-orang tua terjalin baik, anak akan lebih mau mendengarkan dan berpanutan pada orang tuanya.



Untuk menciptakan bonding yang baik dalam keluarga, harus ada upaya yang memang sengaja dilakukan dan dipersiapkan. Harus dengan sengaja meluangkan waktu untuk keluarga, bukan hanya ‘kalau ada waktu lowong’ ya, Moms.

Persiapkan waktu khusus untuk berdua saja dengan suami, juga khusus untuk anak-anak saja (bisa dengan semua anak sekaligus, dan juga waktu khusus dengan masing-masing anak). Tidak lupa, masukkan dalam agenda untuk mempersiapkan waktu khusus untuk me time. Pada dasarnya, mengambil waktu untuk me time bukan hal yang salah, asalkan tugas dan tanggung jawab tidak terbengkalai.



Manfaatkan me time untuk mengisi kembali energi diri, yang mana sangat dibutuhkan dalam mengurus rumah tangga. Dengan demikian, hal tersebut akan membentuk pemikiran bahwa melakukan me time adalah suatu hal yang perlu dilakukan demi kebaikan keluarga. Me time kan, tidak harus pergi jauh dari rumah. Sekadar santai mendengarkan musik tanpa interupsi dari anak dan suami, juga sudah termasuk me time lho, Moms.

Dijawab oleh Dessy Ilsanty, M.Psi, Psikolog. (M&B/TW/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   bonding,   membagi waktu,   anak,   suami