Mother&Baby Indonesia
Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?

T: Bagaimana cara meyakinkan orang tua zaman dulu (orang tua saya) dengan pola asuh orang tua zaman now?


J: Walau Anda merasa pola asuh orang tua Anda agak bertentangan dengan pola asuh Anda (pola asuh orang tua zaman now), namun itu merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.



Faktanya memang, karena adanya hasil dari penelitian-penelitian terbaru, terciptalah pembaruan-pembaruan terhadap teori-teori atau pengetahuan yang dirasa lebih baik. Hal ini tidak selalu menyatakan bahwa ilmu atau teori zaman dulu adalah salah, melainkan akibat dari adanya perubahan-perubahan dalam banyak hal di dunia ini. Perubahan itu yang mengharuskan ilmu atau teori tersebut disesuaikan.

Hal seperti ini perlu disampaikan secara jelas kepada orang tua zaman dulu. Kemudian, Anda perlu memaparkan fakta tentang perkembangan ilmu yang ada sekarang.

Akan tetapi perlu juga diingat bahwa, hasil dari pola asuh orang tua zaman dulu (yaitu Anda), terbukti hasilnya juga baik-baik saja kan, Moms? Bukan juga menjadi produk gagal, toh?



Hanya saja, kita ingin anak-anak kita tumbuh menjadi sosok yang lebih baik dari kita. Maksudnya, jangan juga seolah-olah mengatakan bahwa pola asuh zaman dulu adalah ‘salah.’ Tetapi lebih diberi pengertian bahwa kemajuan zaman yang menghasilkan perkembangan dalam ilmu pengetahuan ini, sudah lebih disesuaikan dengan kehidupan anak-anak zaman now.

Dalam kasus perbedaan pandangan seperti ini, seringkali kuncinya adalah cara berkomunikasinya saja. Jika Moms memberikan pengertian dengan tepat, orang tua pasti mengerti.

Dijawab oleh Dessy Ilsanty, M.Psi, Psikolog.

(M&B/TW/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   orang tua,   pengasuhan anak,   parenting