Mother&Baby Indonesia
Puting Bayi Menonjol, Apa Sebabnya dan Berbahayakah?

Puting Bayi Menonjol, Apa Sebabnya dan Berbahayakah?

T: Dokter, sejak newborn, puting kanan anak saya agak menonjol dan berwarna putih. Apa yang menyebabkan hal tersebut dan berbahayakah baginya?

J: Bisa jadi itu adalah pembesaran payudara akibat pengaruh hormon estrogen dari ibu dan pembentukan kelenjar susu. Adakalanya payudara bayi perempuan atau bayi laki-laki tampak membengkak (tanpa gejala kemerahan).

Seringkali muncul sedikit cairan putih seperti air susu. Payudara yang menonjol atau terkesan bengkak pada bayi baru lahir terkadang lumayan cukup terlihat. Jangan khawatir, ini hanya berlangsung sementara dan umumnya tidak berbahaya.



Namun, Moms jangan pernah memencetnya karena selain kulit bayi masih sangat tipis dan lemah, tindakan tersebut bisa menimbulkan iritasi pada kulit Si Kecil. Segera bawa Si Kecil ke dokter spesialis anak bila terjadi tanda-tanda infeksi seperti bengkak, kemerahan, benjolan terasa lembek, Si Kecil mengalami demam, atau bila kondisi ini terus menetap sampai Si Kecil berusia di atas 5 bulan.



Dijawab oleh Dr. dr. Matheus Tatang Puspanjono, Sp.A., Dokter Spesialis Anak, RS Pondok Indah (M&B/Binar Murgati P./ND/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   newborn,   puting bayi,   payudara bayi








Related Article