Mother&Baby Indonesia
Mengenal Simbol dan Aksara Tionghoa dari Karya Xu Bing

Mengenal Simbol dan Aksara Tionghoa dari Karya Xu Bing

Mengunjungi museum merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan dengan Si Kecil. Tak hanya mendapat pengetahuan baru, Si Kecil juga bisa belajar banyak hal baru dari pameran di museum yang ada.

Bila Moms berencana mengunjungi museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Moms bisa mengajak Si Kecil melihat karya seni dari perupa asal Tiongkok, Xu Bing. Di sana ia bisa belajar mengenal simbol-simbol dan aksara Tionghoa.



Xu Bing: Thought and Method merupakan pameran retrospektif karya Xu Bing, perupa kontemporer kenamaan asal Tiongkok. Ini merupakan pameran terbesar dan pertama di Asia Tenggara, juga yang pertama di Indonesia.

Sebanyak lebih dari 60 karya Xu Bing yang dibuat selama lebih dari 40 tahun bisa Anda nikmati. Karya-karya yang ditampilkan melintasi berbagai medium termasuk drawing, seni grafis, instalasi, film, dan materi arsip.

Dalam media preview yang dilakukan beberapa waktu lalu, Xu Bing mengaku senang bisa mengadakan pameran di Jakarta "Saya sangat excited bisa melakukan pameran ini pertama kali di Jakarta. Saya percaya para pengunjung bisa menikmati karya saya karena mudah dipahami,” ujarnya.


Secara kesulurahan, pameran hasil karya Xu Bing ini bisa dinikmati segala kalangan dan usia. Moms bisa melihat karya instalasi bertajuk Book From The Sky (1987-1991) yang terdiri dari ribuan karakter aksara Tionghoa yang tertulis di lembaran kertas yang seolah turun dari langit. Namun bila Anda lihat dari dekat, aksara tersebut sebenarnya tidak memiliki arti khusus.


Karya instalasi berupa simulasi karpet kulit harimau yang terbuat dari 660.000 rokok yang dikenal dengan Honor and Splendor (2004) juga bisa Anda nikmati. Karya ini menyampaikan berbagai masalah, mulai dari perdagangan global dan eksploitasi, hingga ironi iklan yang mempromosikan kandungan zat berbahaya.





Hal baru yang bisa dipelajari Si Kecil dari Karya Seni Xu Bing

Tak hanya orang dewasa, Si Kecil juga bisa menikmati hasil karya perupa yang lahir di Chongqing ini. Dari karya Xu Bing bertajuk Square Word Calligraphy (1994-2019), Moms bisa mengenalkan aksara Tionghoa pada Si Kecil.


Karya ini sebenernya merupakan 'spesies' baru sistem kaligrafi yang menggabungkan kata-kata dalam bahasa Inggris dan aksara Tionghoa. Tak seperti Book From The Sky, karakter tulisan pada karya satu ini bisa dibaca oleh orang yang melihatnya.

Kesempatan untuk bisa belajar menulis aksara Tionghoa juga bisa didapat Si Kecil lho, Moms. Nantinya ia bisa menulis aksara sesuai pola tulisan yang sudah tersedia disana.

Pada karya bertajuk Book From The Ground Studio (2003-2019), Si Kecil bisa belajar mengenal simbol-simbol. Dalam karya ini Xu Bing menyusun simbol yang diambil dari ruang publik dan menulis buku dengan hanya menggunakan tanda-tanda tersebut. Buku ditulis sedemikian rupa agar mudah dibaca dan dimengerti oleh setiap orang.


Masih banyak karya Xu Bing menarik lainnya yang bisa Anda dan Si Kecil lihat dalam pameran ini. Jadi jangan sampai melewatkan pameran yang berlangsung dari 31 Agustus 2019 hingga 12 Januari 2020 ini ya, Moms! (Vonda Nabilla/ SW/ Dok. Museum MACAN, M&B)



Tags: xu bing,   thought and method,   museum macan,   pameran,   karya seni








Cover Januari - Februari 2020