Mother&Baby Indonesia
Hindari Topik Ini saat Ngobrol dengan Ibu Hamil, Moms

Hindari Topik Ini saat Ngobrol dengan Ibu Hamil, Moms

Setiap perempuan yang tengah hamil tentu butuh dukungan dari orang-orang terdekatnya, seperti suami, keluarga, kerabat, dan teman. Dukungan ini diperlukan agar proses kehamilan yang dijalani bisa dilalui dengan lancar hingga waktunya melahirkan nanti, tanpa diwarnai kekhawatiran, kecemasan, maupun stres yang bisa saja timbul.

Nah, untuk mendukung hal tersebut, kita juga acapkali mesti diingatkan agar berhati-hati dalam memilih topik pembicaraan saat bertemu dan berbincang dengan ibu hamil. Hal ini tentunya untuk menjaga emosi dan perasaan bumil tersebut. Karena itu, ada beberapa topik pembicaraan yang sebaiknya dihindari saat Anda berbicara dengan ibu hamil. Apa saja itu? Ini dia, Moms.




Ukuran tubuh dan berat badan

Tanpa Anda informasikan, setiap wanita yang sedang hamil tentu saja tahu benar bahwa ia mengalami kenaikan berat badan karena tengah mengandung janin di dalam rahimnya. Buat kebanyakan wanita, pertambahan berat badan merupakan suatu persoalan pelik yang harus dienyahkan, walaupun ia sadar tengah hamil.

Karena itu, sebagian besar wanita mungkin sudah cukup stres melihat tubuhnya yang semakin membesar saat hamil. Jadi, jika Anda mengangkat topik pertambahan berat badan saat mengobrol dengan bumil, hal itu hanya akan menambah beban pikirannya, merusak kepercayaan dirinya, dan membuatnya jadi minder, Moms.


Pengalaman negatif seputar kehamilan dan persalinan

Anda mungkin sudah punya anak sehingga sudah punya pengalaman bagaimana rasanya hamil dan melahirkan. Meskipun begitu, sebaiknya tidak usah bercerita pengalaman negatif seputar kehamilan dan persalinan pada teman Anda yang tengah hamil, misalnya kondisi janin yang tidak optimal atau proses melahirkan yang bermasalah.

Bagi wanita yang hamil, apalagi buat mereka yang hamil pertama kali, proses melahirkan anak mungkin jadi sesuatu yang mereka pikirkan terus-menerus. Karena itu, jika Anda bercerita mengenai pengalaman Anda atau cerita dari orang lain seputar hal-hal menyakitkan atau masalah tentang kehamilan atau persalinan, ini malahan semakin membuat mereka cemas dan takut.

Daripada bercerita tentang hal yang bisa saja menakutkan bumil, alangkah baiknya jika Anda mengulas dan membahas informasi tentang tips dan trik seputar kehamilan dan persalinan, Moms.




Larangan Melakukan Ini dan Itu

Merasa perhatian dengan ibu hamil boleh-boleh saja, Moms. Tapi sebaiknya tidak berlebihan. Apalagi jika Anda malah jadi melarangnya setiap kali ia hendak melakukan sesuatu, mau makan sesuatu, hanya karena Anda yakin bahwa yang ia lakukan tersebut tidak baik untuk kondisi kehamilan dan janinnya.

Anda perlu sadar bahwa ibu hamil sudah pasti memeriksakan kandungannya ke dokter. Salah satu hal yang pasti dikonsultasikannya adalah kegiatan apa saja yang boleh atau tidak dilakukan serta makanan dan minuman yang boleh atau tidak dikonsumsi.

Ada baiknya jika Anda bertanya dulu padanya, apakah dokternya membolehkan ia melakukan kegiatan tersebut atau mengonsumsi makanan yang ia makan. Jika ia bilang, ia sudah berkonsultasi dengan dokternya mengenai hal ini, ia tentunya sudah tahu apa yang sedang ia lakukan.


Membahas Penampilannya

Ada wanita yang penampilannya menjadi lebih bersinar saat hamil, namun tidak sedikit juga yang bahkan jadi berantakan dan kusam selama menjalani kehamilannya. Jika ia terlihat kusam karena merasa letih atau tidak memakai make-up, ia sebenarnya sudah paham hal tersebut.

Mungkin ada banyak hal yang lebih ia perhatikan saat hamil dibandingkan memerhatikan penampilannya di depan umum. Memberi masukan untuknya bisa jadi akan lebih baik buatnya daripada Anda langsung mengomentari penampilannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu hamil,   kehamilan,   topik pembicaraan,   dukungan untuk ibu hamil