Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Mengatasi Rasa Gatal di Perut saat Hamil, Moms

Ini Cara Mengatasi Rasa Gatal di Perut saat Hamil, Moms

Saat hamil memang akan membuat Anda merasa sedang memakai sweater berbahan wol yang sangat berat. Tak lama kemudian, akan muncul tanda seperti goresan hingga iritasi pada kulit. Menyebalkan, bukan? Tapi kondisi di mana kulit melebar melebihi ‘zona nyaman’-nya ini memang normal terjadi saat kehamilan, Moms.

Rasa gatal pun akan mulai muncul saat usia kandungan Anda memasuki 28 minggu. Ini adalah momen ketika perut Anda benar-benar terlihat membesar dan hormon estrogen meningkat sangat tinggi, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif. Untuk meringankan rasa gatal tersebut, lakukan lima hal sederhana berikut ini, Moms:




Minum Cukup Air

Bantu kulit Anda untuk tetap terhidrasi yang cukup, dengan minum minimal 1,6 liter air dalam sehari. Jika Anda mengalami kesulitan saat menelan air mineral, cobalah minum teh buah tanpa kafein atau mengunyah buah yang mengandung kadar air yang tinggi, seperti semangka atau mentimun.


Pakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan natural yang dapat melembapkan kulit. Ada baiknya Anda selalu menyediakan satu botol khusus minyak kelapa untuk mengatasi rasa gatal di perut Anda. Mengaplikasikan minyak kelapa juga bisa melepaskan stres akibat kulit perut yang melebar saat hamil.


Memilih Oat

Oatmeal menjadi salah satu obat kuno untuk mengatasi kulit gatal dan iritasi. Anda bisa membuat ramuan sendiri dengan mengambil segenggam oat dan bungkus di dalam kain muslin. Lalu, masukkan ke dalam air untuk Anda mandi dengan menambahkan sesendok minyak zaitun. Waspadalah terhadap permukaan lantai yang sangat licin saat Anda masuk dan keluar kamar mandi ya, Moms.




Jaga agar Tubuh dan Kulit Tetap Sejuk

Mandi bisa jadi solusi pas untuk tetap membuat Anda merasa lebih sejuk. Anda juga bisa menyiapkan air bunga mawar dan air tersaring dengan perbandingan 2:1, lalu semprotkan ke area perut saat diperlukan.

Mendinginkan kulit dengan memakai lotion juga bisa membantu. Namun hindari memilih sabun cuci pakaian dan parfum yang terlalu kuat. Pilihlah sabun dengan tingkat keasaman (pH) yang rendah untuk ibu hamil. Pakai juga pelembab dan dilanjutkan dengan mandi selama tiga menit untuk menjaga kelembapan kulit Anda.


Kenakan Pakaian Berbahan Ringan

Rasa gatal di bagian perut bisa berkurang jika Anda mengenakan pakaian yang berbahan ringan dan longgar, saat siang ataupun malam hari. Bahan sintetik seperti polyester atau acrylic bukan pilihan tepat, karena bisa membuat tubuh menjadi panas dan lengket, sehingga bisa memperparah rasa tidak nyaman yang dirasakan.

Karena itu, Moms sebaiknya pilih bahan yang terbuat dari bahan alami, seperti katun organik atau sutra, yang sangat ringan dan memiliki aliran udara yang bagus. Pakaian ini akan membuat Anda tentu lebih nyaman saat bergerak dan dapat menjaga suhu tubuh Anda agar lebih sejuk. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   gatal,   perut gatal








Cover Januari - Februari 2020