Mother&Baby Indonesia
Seperti Apa Perkembangan Janin di Dalam Rahim Anda?

Seperti Apa Perkembangan Janin di Dalam Rahim Anda?

Normalnya, setiap calon ibu akan menjalani masa kehamilan selama sembilan bulan. Proses ini bisa jadi akan terasa sangat lama buat Anda, atau sebaliknya, mungkin terasa cepat sekali jika Anda menikmatinya. Meskipun begitu, mungkin Anda penasaran bagaimana cara janin berkembang dalam rahim? Berikut penjelasan selengkapnya, Moms.


Bulan Pertama

Sel telur yang telah dibuahi menjadi sekumpulan sel berbentuk pola yang menempel di dinding rahim. Kumpulan sel itu lalu berkembang bentuknya menjadi seperti udang sebesar beras. Di tahap ini tumbuh susunan saraf pusat dan jantung.




Bulan Kedua

Ekor pada bayi Anda hilang, dan bentuknya kini menyerupai manusia dengan kepala yang besar. Wajah mulai terbentuk, tangan dan kaki tampak, otot-ototnya mulai tumbuh. Detak jantung terdeteksi, plasenta dan tali pusat pun terlihat.


Bulan Ketiga

Jari kaki dan tangan terbentuk bulan ini. Awalnya jari-jari masih menyatu, tapi dengan cepat kemudian memisah. Pada pertengahan bulan, jantung bayi Anda telah terbentuk sempurna, telinganya terlihat, dan ia sudah disebut sebagai janin. Di akhir bulan seluruh organ vitalnya terbentuk.


Bulan Keempat

Janin Anda semakin berkembang, organ dalam terbentuk, kuku jari tangan dan kaki bertumbuh. Ia tampak kurus karena belum ada lapisan lemak di dalam tubuhnya. Di akhir bulan, rambut halus tumbuh di seluruh tubuh janin Anda.


Bulan Kelima

Janin Anda berkembang pesat. Panjangnya kini mencapai 13 cm. Ia kini memproduksi selaput putih yang melapisi tubuhnya serta melindungi kulitnya. Rambut, alis, dan bulu matanya tumbuh, indranya pun berkembang. Meski matanya terpejam, di bulan ini janin Anda sudah dapat menangkap cahaya yang terang.




Bulan Keenam

Sistem pencernaan dan kekebalan tubuh semakin matang. Janin Anda mulai mengeluarkan air seni tanda sistem pencernaannya bekerja. Ia kini sudah bisa mengontrol gerak tubuhnya dan Anda bisa merasakannya bergerak, khususnya saat Anda istirahat. Gerakan Anda dan suara ramai membuat ia tidur.


Bulan Ketujuh

Jika janin Anda lahir di bulan ini, ia dapat bertahan hidup. Seluruh organ vitalnya sudah lengkap (kecuali paru-paru), dan dapat berfungsi dengan baik. Otaknya juga berkembang pesat, sel-selnya matang dan tubuhnya telah terbentuk.


Bulan Kedelapan

Gerakan janin Anda semakin terkoordinasi, dan ia sudah bisa membuka serta menutup mata, juga merasakan rasa manis dan asam. Kepala janin Anda mungkin ada di bawah, di posisi siap dilahirkan. Tapi posisi ini bisa berubah sewaktu-waktu, Moms.


Bulan Kesembilan

Janin Anda telah lengkap terbentuk dan ia kini bisa lahir kapan saja. Setiap minggu ia akan bertambah 225 gram. Lapisan lemak yang tebal mulai berkembang di bawah kulitnya, membuatnya tampak lebih berisi, dan memberi ia cadangan energi untuk digunakan pada saat ia keluar dari rahim nanti. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   janin,   perkembangan janin