Mother&Baby Indonesia
Ini 10 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan Wanita Hamil

Ini 10 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan Wanita Hamil

Ya, Anda bisa bersantai dan menggunakan kehamilan sebagai ‘alasan’ untuk tidak melakukan hal-hal berikut. Kehamilan juga akan membuat Anda ‘terbebas’ dari beberapa hal di bawah ini. Penasaran? Simak, yuk!


1. Menstruasi

Secara alami, memang Anda tidak akan menstruasi. Tetapi kadang wanita hamil lupa bahwa ini adalah salah satu keuntungan dari kehamilan. Anda tidak perlu mengalami kram perut, payudara sakit, pusing, dan rasa malas luar biasa. Satu lagi keuntungannya: Anda juga bisa irit pembalut!




2. Bertahan di Antara Perokok

Sekarang Anda punya alasan dan otoritas untuk melarang orang merokok di dekat Anda. Bahkan jika Anda tadinya tidak enak untuk melarang teman atau pasangan, kini Anda bisa ‘memveto’ kebiasaan buruk mereka itu.


3. Membersihkan Kamar Mandi

Anda sedang hamil, tidak bisa terpapar zat kimia keras dari pembersih kamar mandi dan pembersih rumah tangga lainnya. Jadi, Anda bisa menggunakan alasan ini untuk meminta pasangan membersihkan kamar mandi dan membereskan rumah.


4. Membersihkan Kandang Peliharaan

Terutama kucing dan anjing, Anda harus tergeser posisinya dengan adanya si janin. Selain itu, Anda juga jadi bisa mengalihkan tugas membersihkan kandang dan kotak kotoran kucing dan anjing kepada orang lain.


5. Berdiri di Kendaraan Umum

Bahkan kini ada pin khusus bumil untuk para wanita hamil yang sering naik KRL. Di berbagai kendaraan umum lainnya pun kini sudah disediakan kursi prioritas, khusus untuk para bumil, lansia, penyandang disabilitas, dan orang tua yang menggendong anak.




6. Memakai Stiletto

Jika tuntutan profesi membuat Anda wajib pakai sepatu hak tinggi, saat hamil, Anda tak perlu menjawab tuntutan tersebut. Semua orang akan maklum bahwa Anda memakai sepatu hak datar. Jika ingin penampilan tetap memikat seperti saat memakai stiletto, tata saja rambut Anda dengan apik sehingga penampilan terlihat lebih segar.


7. Mengangkat Barang

Mungkin Anda masih kuat, tetapi buat apa melakukan hal yang bisa memberi dampak negatif pada kehamilan? Nah, kalau sedang ada kerja bakti di perumahan atau kantor Anda, maka Anda bisa duduk-duduk tenang dan mendelegasikan tugas berat ke mereka yang masih kuat dan sedang tidak hamil.


8. Khawatir Soal Perut Buncit

Perut bumil yang menonjol justru menjadi keindahan tersendiri, yang membuat semua orang menatap Anda dengan senyum. Nah, kalau sebelumnya Anda sangat repot memikirkan perut buncit, sampai repot menahan perut saat foto, kini masalah itu sudah tidak perlu Anda pikirkan lagi. 


9. Diet Ketat

Jika bumil makan banyak dan berat badannya bertambah, tidak akan ada seorang pun yang akan menghakimi Anda. Semua orang maklum dengan kebiasaan makan Anda yang ‘baru’ ini. Bahkan jika Anda ingin makan di tengah malam, tidak ada yang akan menatap iri pada Anda, Moms.


10. Menyetir Jarak Jauh

Mengendarai mobil memang bukan pantangan bagi wanita hamil, namun bila perut Anda sudah besar dan kaki bengkak, maka sebaiknya Anda duduk di kursi penumpang saja ya, Moms. Atau lebih baik Anda menikmati perjalanan dengan transportasi umum, seperti pesawat agar Anda cepat sampai tujuan dan mengurangi risiko kaki bengkak karena terlalu lama duduk. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: amil,   ibu hamil,   kehamilan,   aktivitas,   rutinitas








Related Article