Mother&Baby Indonesia
Pantang Lelah! Ini 7 Sumber Energi untuk Ibu Hamil

Pantang Lelah! Ini 7 Sumber Energi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil mudah merasa lelah? Itu normal terjadi kok, Moms. Nah, untuk mengatasinya, tingkatkan energi Anda saat hamil dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.


1. Halo, Matahari!

Vitamin yang dihasilkan berkat bantuan sinar matahari (vitamin D) bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat hamil. “Berjemurlah setidaknya 20 menit sehari. Bisa sambil jalan-jalan di taman atau sekadar duduk di alam terbuka,” saran bidan dan pakar kesehatan kehamilan, Zita West, pada Mother&Baby UK.




2. Makan Biskuit

Sebuah studi telah menguak hubungan antara tingkat lelah dengan seberapa parah morning sickness yang dialami bumil. “Sediakan biskuit jahe di samping tempat tidur Anda. Dengan begitu, jika Anda bangun tidur dan terlalu lemah untuk bergerak, Anda bisa mengisi perut Anda perlahan,” saran pakar nutrisi Vicki Edgson.


3. Pijatan Lembut

“Ini bisa membantu mengurangi nyeri punggung, mengurangi otot-otot yang tegang, dan meredakan stres,” jelas Zita. Tidak perlu pijat di spa khusus bumil, kok. Minta saja bantuan suami tercinta untuk memijat lembut punggung Anda selama 20 menit. Dijamin, energi bumil akan penuh kembali!


4. Terapi Air

Ambil wadah berisi air hangat dan wadah berisi air dingin. Masukkan kaki Anda di air hangat selama 1 menit, kemudian pindah ke wadah air dingin. Ulangi sebanyak 3 kali. Ini bisa mengembalikan energi Anda dan juga mengurangi bengkak di pergelangan kaki.




5. Lebih Banyak Bergerak

Olahraga ringan bisa mengurangi rasa lelah yang kerap dirasakan bumil, karena bisa memberikan ‘suntikan’ energi bagi tubuh Anda. Olahraga juga memperbaiki postur tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan jumlah oksigen yang siap dikirim ke otak bumil. Namun pastikan olahraga yang Anda pilih sudah disetujui dokter kandungan Anda ya, Moms.


6. Jaga Gula Darah Anda

“Di trimester pertama, banyak wanita hamil yang ngidam karbohidrat dan melupakan protein. Padahal makan karbohidrat tanpa protein dapat meningkatkan pencernaan dan kadar gula darah. Hal ini bisa membuat bumil merasa butuh makan terus di malam hari,” jelas Yvone Bishop-Weston, pakar nutrisi.

Karena itu, jika Anda mengalami morning sickness atau sedang berada di trimester akhir, konsumsilah karbohidrat yang dicerna perlahan oleh perut, seperti wholegrain dengan protein dan sayuran.


7. Coba Akupunktur

Salah satu penyebab utama kelelahan saat hamil adalah kurang tidur atau pola tidur yang buruk. Namun sebuah percobaan di Brazil menyebutkan kalau akupunktur bisa mengurangi gejala insomnia pada bumil hingga 50 persen! Tidak ada salahnya mencoba kan, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   energi,   kehamilan,   vitalitas,   kandungan