Mother&Baby Indonesia
Hamil Sering Merasa Kegerahan? Ini Cara Mengatasinya

Hamil Sering Merasa Kegerahan? Ini Cara Mengatasinya

Duh, gerah! Ya, gangguan kenyamanan ini memang sering dialami para ibu hamil. Normalkah ini? Berita baiknya, ini wajar terjadi selama masa kehamilan, khususnya kehamilan trimester tiga.

Seiring membesarnya Si Kecil di dalam perut Anda, maka metabolisme tubuh Anda pun meningkat. Perubahan metabolisme tersebut disebabkan oleh faktor hormonal, yang membuat volume darah Anda meroket hingga sekitar 40 persen! Jangan takut, karena semua proses itu memang perlu terjadi demi memenuhi kebutuhan tubuh janin di dalam perut.

Selain itu, berat badan Anda juga meningkat. Hal ini turut menjadi penyebab Moms merasa semua tempat bagai ruang sauna. Terlebih, jantung ibu hamil juga harus bekerja ekstra keras untuk mengedarkan darah yang volumenya meningkat drastis. Rangkaian faktor-faktor tersebut membuat tubuh mudah kegerahan, sehingga Anda akan berkeringat lebih banyak.



Karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap sejuk saat hamil. Mau tahu caranya?


1. Banyak Minum

Mengutip dr. Heidy Murkoff dalam bukunya Kitab Hamil Terlengkap, “Minum, minum, minum. Mencukupi asupan cairan akan menghindarkan Anda dari perasaan lemah dan limbung ketika Anda kepanasan.” Untuk itu, bumil sangat disarankan memenuhi kebutuhan cairan hariannya.

Menurut Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dalam buku Konsensus Nasional Kebutuhan Asupan Air Bagi Ibu Hamil, Melahirkan, dan Menyusui, disebutkan bahwa kebutuhan cairan harian bumil adalah minimal 8-10 gelas air. Normalnya orang dewasa membutuhkan 2 liter air per hari, namun pada wanita hamil kebutuhan itu meningkat 300 ml air setiap harinya.


2. Konsumsi Makanan Segar

Redakan gerah dengan mengonsumsi aneka buah-buahan segar dan dingin yang menyejukkan tubuh! Pilihlah beberapa buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan buah naga. Masukkan ke dalam lemari es dulu beberapa saat, kemudian nikmati di siang hari. Wow, segar!




3. Kurangi Kafein

Ingat, salah satu penyebab bumil gampang kegerahan adalah peningkatan volume darah. Sedangkan jika Anda mengonsumsi kafein (seperti kopi, teh, cokelat), hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh Anda. Duh, semakin gerah dong ya, Moms? Maka sebaiknya hindari atau kurangi asupan kafein, ya.


4. Batasi Konsumsi Garam

Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengonsumsi garam bisa mengikat cairan di tubuh Anda. Dengan mengurangi konsumsi garam harian Anda, maka masalah keringat berlebih dapat lebih terkendali. Kalau sudah begini tentu saja Anda jadi lebih nyaman menjalani ‘panasnya’ kehamilan ya, Moms.


5. Pakaian Nyaman

Semakin besar kehamilan, semakin mudah Anda kegerahan dan kehabisan napas. Betul? Untuk itu, pastikan tubuh Anda sudah menggunakan pakaian yang nyaman. Pilih pakaian yang longgar dan berbahan dasar serat alami seperti katun atau linen. Pilihan warna juga berpengaruh lho, Moms. Pilihlah pakaian berwarna cerah, karena warna gelap berpotensi menyerap panas yang membuat tubuh bumil semakin mudah kegerahan.


Masih ada banyak cara lainnya untuk mengatasi kegerahan saat Anda tengah hamil, Moms. Anda bisa baca tipsnya lebih lengkap di Majalah Mother&Baby edisi September 2019. Jangan sampai ketinggalan ya, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   gerah saat hamil,   kepanasan