Mother&Baby Indonesia
Normalkah Demam saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya, Moms

Normalkah Demam saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya, Moms

Apakah Anda sedang hamil dan mengalami demam? Jika ya, wajar saja jika Anda sangat khawatir dengan kesehatan bayi mungil di dalam perut Anda. Ya, Anda pasti berharap kehamilan Anda lancar, sehat, dan tanpa kendala, namun memang ada saja masalah kesehatan yang mungkin mengurangi vitalitas seorang ibu hamil.

Nah, jika Anda mengalami demam saat hamil, maka harus segera dicari tahu penyebabnya karena hal tersebut bisa membahayakan janin Anda. Ketahui info-info lengkap di bawah ini ya, Moms.




Tanda Infeksi

Menurut Health Line, Jika ibu hamil demam hingga suhu tubuhnya naik dari 37 derajat Celcius ke demam, maka itu bisa jadi tanda tubuh bumil sedang melawan infeksi. Karena itu, sangat penting untuk segera mencari pengobatan.

Jika ibu hamil mengalami demam hingga lebih dari 39 derajat Celcius di trimester satu, maka ini tanda bahaya, Moms. Segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, karena dampak demam setinggi ini saat hamil trimester satu bisa jadi komplikasi jangka panjang bagi janin Anda.


Penyebab Demam

Demam saat hamil paling sering disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau biasa disingkat ISK dan virus di saluran pernapasan. Walau dua masalah kesehatan itu yang paling sering menyebabkan demam, namun infeksi lainnya juga bisa menyebabkan demam tinggi saat hamil. Beberapa masalah kesehatan yang sering membuat bumil demam, di antaranya:

• Influenza

• Pneumonia

• Tonsilitis

• Flu perut (viral gastroenteritis)

• Infeksi ginjal (pyelonephritis)




Gejala Penyerta

Selain demam, ibu hamil wajib mewaspadai beberapa gejala penyerta lainnya, seperti:

• Sesak napas

• Sakit punggung

• Menggigil

• Nyeri perut

• Leher kaku


Mungkinkah Keracunan Makanan?

Selain infeksi, masalah kesehatan lain yang sering menyebabkan demam adalah keracunan makanan, yang bisa disebabkan oleh virus, atau bakteri, atau racun makanan. Jika bumil mengalami keracunan makanan, biasanya yang dirasakan adalah nyeri perut, mual, dan muntal.

Apabila bumil juga mengalami diare dan muntah terus-menerus, segera ke dokter karena jika tidak ditangani maka bisa menyebabkan dehidrasi, kontraksi, dan persalinan prematur.


Normalkah Demam saat Hamil?

Apa pun penyebabnya, demam saat hamil sama sekali bukan masalah normal. Maka sangat direkomendasikan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi penyakit penyebab demam. Jika demam disebabkan oleh infeksi virus, maka umumnya dokter akan memberikan obat tylenol dan menyarankan untuk banyak minum air putih. Jika demam disebabkan oleh bakteri, umumnya dokter akan memberikan antibiotik. Ingat, ibu hamil dilarang mengonsumsi aspirin atau ibuprofen tanpa sepengetahuan dokter ya, Moms! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: demam,   hamil,   kandungan,   kesehatan,   gangguan hamil,   ibu hamil,   kehamilan