Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Cabut Gigi saat Hamil? Ketahui Efeknya, Moms!

Bolehkah Cabut Gigi saat Hamil? Ketahui Efeknya, Moms!

Saat hamil, ada saja keluhan kesehatan yang dirasakan ya, Moms? Entah sekadar mual, pusing, atau bahkan masalah kesehatan gigi dan mulut saat hamil. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa sih kesehatan gigi, gusi, dan mulut seringkali menurun saat hamil? Penyebabnya cukup beragam, Moms, salah satunya adalah perubahan hormon-hormon kehamilan.

Saat hamil terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron, dan ini nomal terjadi. Nah, peningkatan hormon tersebut dapat menimbulkan reaksi jaringan gusi terhadap plak yang berlebihan. Akibatnya, peradangan pada gusi yang ditandai dengan gusi berdarah pun kerap terjadi. Jika kondisi ini dibiarkan, peradangan yang terjadi bisa membuat gigi jadi goyang, Moms.

Kalau gigi goyang, boleh enggak sih, ibu hamil cabut gigi atau tambal gigi? Untuk menjawabnya, ketahui beberapa hal di bawah ini yuk, Moms.




Waktu Aman Periksa Gigi

Menurut dr. Ridwan SpOG, dari RSIA Kemang Medical Care, trimester kedua kehamilan (14-28 minggu kehamilan) merupakan saat paling aman untuk melakukan prosedur pemeriksaan gigi karena masa pembentukan organ janin (organogenesis) telah selesai. Namun pastikan dokter gigi yang menangani hal tersebut mengetahui tentang kehamilan Anda ya, Moms.

Selain itu, sangat dianjurkan pula untuk memeriksakan gigi Anda saat mempersiapkan dan selama kehamilan, karena saat tersebut sering muncul masalah gigi dan gusi, seperti infeksi gigi (periodontitis). Jika gangguan ini tak segera diatasi akan menyebabkan komplikasi, seperti persalinan prematur.




Cabut Gigi saat Hamil?

Sebelum cabut gigi saat hamil, pastikan dokter gigi Anda mengetahui kehamilan Anda, dan pastikan juga dokter kandungan Anda sudah mengetahui masalah gigi Anda. Pada dasarnya, cabut gigi boleh saja dilakukan saat hamil, namun hanya pada kondisi tertentu dan telah mendapat izin dari dokter yang boleh dilakukan.

Jika kerusakan pada gigi bumil sudah cukup parah, maka mungkin saja dokter menyarankan untuk melakukan pencabutan gigi. Namun jika kondisi gigi Anda tidak terlalu parah, maka mayoritas dokter kandungan tentu menyarankan Anda untuk cabut gigi setelah melahirkan.

Apa saja sih bahaya yang mungkin terjadi jika cabut gigi saat hamil? Dampaknya tentu banyak nih Moms, mulai dari bayi lahir cacat, bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, atau bahkan keguguran.

Mengingat bahaya yang bisa terjadi jika ibu hamil cabut gigi tanpa izin dokter kandungan, maka sebaiknya bumil juga tidak mengonsumsi obat sakit gigi tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   gigi,   cabut gigi,   tambal gigi








Cover September 2019

Related Article