Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati! 5 Makanan Ini Bisa Akibatkan Keguguran Janin

Hati-Hati! 5 Makanan Ini Bisa Akibatkan Keguguran Janin

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi untuk kesehatan kehamilan dan janin yang dikandungnya. Karena itu, Ibu hamil perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk itu, Moms wajib tahu mengenai makanan-makanan yang mesti dihindari selama masa kehamilan karena makanan tersebut berisiko tinggi menyebabkan keguguran.

Memang ada sejumlah faktor lain yang bisa menyebabkan keguguran, seperti riwayat kesehatan bumil, penyakit yang diderita, faktor usia, dan gaya hidup. Namun, Moms juga harus menghindari beberapa makanan berikut yang memiliki dampak buruk dan bisa memicu terjadinya keguguran, terutama pada usia kandungan 3 bulan pertama. Ini makanan yang perlu Anda hindari!




1. Telur Mentah atau Setengah Matang

Telur mentah ataupun yang dimasak setengah matang berisiko tinggi memicu terjadinya keguguran. Pasalnya, telur mentah maupun telur setengah matang kemungkinan besar masih mengandung Salmonella. Karena itu, jika Anda mengonsumsinya, hal tersebut bisa berakibat buruk pada kondisi kehamilan dan janin Anda.

Jika ingin memakan telur, pastikan sudah diolah dengan benar hingga matang sempurna ya, Moms.


2. Daging Mentah atau Setengah Matang

Sama seperti telur mentah maupun setengah matang, mengonsumsi daging mentah atau setengah matang juga berisiko terinfeksi bakteri-bakteri berbahaya, seperti Toxoplasma, Salmonella, atau Listeria. Ini bisa mengakibatkan komplikasi pada kehamilan dan janin Anda, Moms.

Sama juga halnya dengan ikan atau seafood yang mentah atau tidak dimasak dengan benar. Selain keguguran, dampak buruk lainnya adalah bayi mengalami cacat saat lahir atau bayi prematur.




3. Nanas

Buah nanas punya berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Walaupun demikian, hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Nanas mengandung enzim bernama bromelain yang jika Anda konsumsi dalam jumlah banyak bisa melunakkan serviks dan meningkatkan risiko kontraksi dini pada kehamilan Anda sehingga risiko keguguran menjadi tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari makan buah ini, terutama pada awal kehamilan. Jika Anda ngidam nanas, usahakan hanya sedikit saja mencoba memakannya. Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter perihal mengonsumsi buah ini, Moms.


4. Pepaya Muda

Pepaya matang menjadi salah satu buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi bumil, karena buah ini merupakan sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit, masalah yang sering dialami oleh banyak bumil.

Namun, beda halnya dengan buah pepaya yang masih muda atau mentah dan belum matang, Moms. Pasalnya, pepaya muda mengandung lateks yang jika dikonsumsi bisa dapat memicu kontraksi pada rahim dan keguguran. Anda juga dianjurkan untuk mengonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.


5. Susu Mentah

Susu memang dikenal sebagai asupan yang menyehatkan, tidak hanya untuk bumil, tapi juga semua orang. Tapi untuk susu mentah yang tidak dipasteurisasi dan produk turunannya sebaiknya Anda hindari saat hamil karena bisa menyebabkan keguguran, Moms.

Susu mentah mengandung berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan Anda dan berbahaya bagi tumbuh kembang janin. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   ibu hamil,   kehamilan,   keguguran,   makanan