Mother&Baby Indonesia
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Para Ibu Baru

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Para Ibu Baru

Setelah menjadi seorang ibu dan mulai merawat bayi, Anda tentunya akan melakukan segalanya untuk memberikan yang terbaik bagi Si Kecil. Memang, memiliki bayi adalah anugerah terindah. Namun, sebagai ibu, Anda perlu hati-hati. Tidak semua yang Anda dengar dan lakukan itu benar. Berikut ini 5 kesalahan yang kerap dilakukan ibu baru saat merawat bayi.


1. Anda Percaya Semua yang Anda Dengar

Ketika Anda baru punya bayi, ibu, kakak, sahabat, sampai para kerabat, semua seperti berlomba memberi saran, dari mulai bagaimana mengasuh bayi, memilih babysitter yang tepat, sampai cara melangsingkan tubuh setelah melahirkan.



Karena terlalu banyak saran, Anda jadi malahan mulai ragu dan berpikir bahwa yang Anda lakukan selama ini adalah salah. Namun, yang terpenting dan harus selalu Anda ingat, buat bayi Anda merasa nyaman, aman, dan terpenuhi kebutuhannya, Moms.

Memang, sebagai ibu baru, Anda tentu tidak tahu saran mana yang perlu diikuti dan mana yang harus diabaikan. Yang terbaik adalah gunakan intuisi Anda. Ucapkan saja terima kasih pada mereka yang telah memberi saran, selanjutnya Anda sendiri yang menentukan mana yang terbaik buat Anda dan bayi Anda.


2. Anda Mengabaikan Waktu Senggang

Saking sibuknya mengurus bayi, Anda jadi tidak punya waktu senggang lagi, bahkan hingga tidak sempat mandi. Namun, ini sepertinya hal yang konyol, bukan? Merawat bayi memang akan menyita banyak waktu Anda.

Meskipun begitu, Anda tetap harus punya waktu senggang. Hal ini berguna untuk mengembalikan stamina dan kesegaran tubuh Anda, Moms. Usahakan memiliki sedikit waktu untuk relaks, terutama ketika bayi sedang tidur. Ikutlah tidur dengannya, karena itulah salah satu dari sedikit waktu senggang yang Anda punya.




3. Anda Membandingkan Bayi Anda dengan Bayi Lain

Bayi Anda memang belum menunjukkan tanda-tanda seperti bayi lain seusianya, misalnya tengkurap atau menegakkan kepala. Anda pun bisa jadi akan merasa kesal saat teman Anda dengan bangganya menceritakan pertumbuhan bayinya yang cepat.

Cobalah untuk lebih tenang dalam melihat pertumbuhan bayi Anda, Moms. Memang sebagian bayi memiliki pertumbuhan yang cepat, namun sebagian lagi memiliki pertumbuhan yang lambat. Tidak usah khawatir berlebihan, karena pada saatnya ia akan tumbuh seperti bayi-bayi pada umumnya.


4. Anda Terlalu Melindunginya

Ini memang biasa terjadi pada ibu baru. Mereka beranggapan bahwa dengan menjaga Si Kecil di dalam kamarnya terus akan menjauhkannya dari segala macam penyakit. Namun, ternyata Anda salah, Moms. Bayi juga butuh suasana lain selain di kamarnya.

Justru dengan seringnya Si Kecil berada di dalam kamar, hal itu akan menimbulkan penyakit seperti alergi atau asma. Jangan biarkan bayi Anda menderita hanya karena Anda takut terjadi sesuatu pada dirinya. Bayi juga butuh suasana lebih segar daripada sekadar tinggal di dalam rumah.


5. Anda Ingin Segala Sesuatunya Sempurna

Ketika menjadi seorang ibu, Anda ingin menjadi seorang ibu yang harus dituruti kata-katanya. Tapi tidak semua yang pernah Anda alami harus Anda lakukan terhadap anak Anda. Anda harus lebih jelas melihat situasi, mana yang lebih penting untuk anak, mana yang tidak. Dan yang perlu Anda pahami, tidak semuanya bisa berlangsung dengan lancar selama Anda merawat Si Kecil. Ada masa-masa di mana Anda akan mengalami kesulitan. Namun, semua masalah tersebut pasti akan bisa teratasi kok, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu baru,   bayi,   newborn,   merawat bayi