Mother&Baby Indonesia
Instagram Luncurkan Panduan Instagram untuk Orang Tua

Instagram Luncurkan Panduan Instagram untuk Orang Tua

Media sosial telah menjadi bagian yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, dari kalangan remaja, dewasa muda, hingga orang tua. Sebagai pengguna media sosial, Moms mungkin pernah merasa khawatir dengan isu peretasan akun. Atau Anda mungkin pernah merasa cemas dengan komentar tak pantas di akun anak remaja Anda.

Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengadakan acara bertajuk “Aman di Media Sosial” yang bertujuan untuk membagi informasi terkini seputar fitur-fitur keamanan untuk pengguna di Indonesia.

Acara ini juga merupakan salah satu bentuk upaya perusahaan-perusahaan Facebook untuk terus mengumpulkan saran dan berkolaborasi dengan pengguna, pemerintah, organisasi nonprofit, serta komunitas di Indonesia dalam menciptakan pengalaman yang senantiasa aman di dunia maya.




Panduan Instagram untuk Orang Tua dalam Bahasa Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Instagram juga secara khusus meluncurkan Panduan Instagram untuk Orang Tua dalam Bahasa Indonesia, yakni sumber informasi yang didesain untuk memberdayakan para orang tua di Indonesia dengan informasi seputar penggunaan Instagram di kalangan remaja.


Bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), buku panduan ini memberikan informasi secara detail mengenai fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan orang tua untuk menjaga keamanan anak-anak mereka saat menggunakan Instagram.

Beberapa fitur keamanan yang disebutkan di dalam panduan tersebut adalah:

1. Fitur Pengaturan Privasi, seperti:

• Privasi Akun: fitur kendali untuk menentukan siapa yang boleh dan tidak boleh melihat postingan dan berinteraksi dengan akun mereka.



• Blokir: fitur kendali untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau saat mereka tak ingin lagi berinteraksi dengan akun tersebut.

2. Fitur Pengaturan Interaksi, seperti:

• Kontrol Komentar: fitur kendali untuk menentukan siapa saja yang dapat mengomentari postingan mereka di Instagram.

• Filter Komentar: fitur untuk menyaring kata-kata yang bisa atau tidak bisa ditampilkan di kolom komentar akun Instagram mereka.

3. Fitur Pengaturan Waktu, seperti: 

• Dasbor ‘Aktivitas Anda’: fitur informasi mengenai waktu yang telah mereka habiskan di Instagram.

• Setel Pengingat Harian: fitur pengaturan batas waktu yang dialokasikan untuk menggunakan Instagram. Mereka akan mendapat notifikasi jika mereka mencapai batas waktu yang telah mereka tentukan sendiri.

“Kami memahami tantangan yang dialami orang tua dalam membesarkan anak-anak di era digital seperti sekarang ini. Karena itu, kami terus berupaya meluncurkan berbagai fitur dan sumber informasi seperti ini untuk memastikan pengguna kami di Indonesia mendapat pengalaman yang aman dan positif di platform kami.” jelas Ching Yee Wong, Kepala Komunikasi Instagram Asia Pasifik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   orang tua,   instagram,   media sosial








Cover Januari - Februari 2020