Mother&Baby Indonesia
Memberi Nama Anak Meniru Orang Terkenal, Ya atau Tidak?

Memberi Nama Anak Meniru Orang Terkenal, Ya atau Tidak?

Shakespeare boleh beranggapan apalah arti sebuah nama. Namun, nama tetaplah penting sebagai identitas seseorang. Bahkan hampir semua orang berpendapat bahwa nama adalah doa dan harapan dari orang tua untuk anak-anaknya.

Memilih nama anak memang biasanya menjadi pengalaman yang sangat emosional. Terkadang sangat mudah, namun lebih sering tidak. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, karena nama akan disandang oleh anak seumur hidupnya.




Sebelum Meniru Nama Orang

Pemberian nama anak bisa terinspirasi dari berbagai sumber, seperti, orang tua, kerabat, teman, buku, bahkan idola. Sering ditemui, orang tua yang meniru nama idola mereka, baik itu artis, atlet, atau orang terkenal lainnya, untuk dijadikan nama anak mereka.

Memang, tidak ada yang salah apabila Anda melakukan ini, Moms. Namun, sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelumnya, seperti, arti dari nama tersebut dan kehidupan selebriti itu sendiri. Jangan sampai selebriti yang Anda pilih mempunyai catatan kehidupan yang tidak baik, karena biasanya anak Anda akan terkena dampaknya, seperti ejekan dari teman-temannya kelak.

Jadi, jangan berikan nama selebriti pada anak, apabila orentasinya hanya terdengar keren, sekadar ikut-ikutan, atau meniru bintang sinetron yang sedang naik daun.


Tips dan Trik Memilih Nama Anak

Situs babycenter.com memberikan beberapa tips dan trik dalam memilih nama bayi, seperti: 

• Indah didengar dan serasi

Pilihlah nama yang terdengar indah sewaktu diucapkan dan serasi dengan nama keluarga, bila Anda menggunakan nama keluarga di belakang nama yang akan Anda pilih.

• Unik 

Unik tidak berarti menjadi nama yang terdengar aneh atau sulit diucapkan. Memilih nama yang unik tetap oke, asalkan tetap indah didengar, serasi, dan mudah diucapkan ya, Moms.



• Makna positif

Memilih nama yang mengandung makna dan arti yang positif merupakan hal yang penting. Jangan memberi nama yang mengandung arti dan makna buruk. Ingatlah bahwa nama ini akan dibawa selamanya oleh anak Anda.

• Nama panggilan yang mudah

Pilihlah nama yang mudah untuk diambil nama singkatnya atau panggilan sehari-hari. 

• Pengucapan yang mudah

Pilihlah nama yang mudah untuk diucapkan. 

• Menunjukkan jenis kelamin yang jelas

Pertimbangkan untuk memilih nama yang menunjukkan jenis kelamin dengan jelas.

Semua hal diatas hanyalah berupa tips untuk mempermudah Anda dan pasangan memilih nama bayi Anda. Ingatlah, bahwa yang terpenting sewaktu Anda memilih dan memutuskan nama bayi anda adalah, Anda dan pasangan menyukainya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   nama anak