Mother&Baby Indonesia
7 Tips Cermat Membeli Pakaian Bekas saat Hamil

7 Tips Cermat Membeli Pakaian Bekas saat Hamil

Saat hamil, tidak bisa dipungkiri kalau bentuk tubuh Anda tentu berubah. Semakin besar kehamilan, pakaian-pakaian yang dulu menjadi favorit Anda, kini sudah tidak bisa dipakai lagi. Kalau sudah begini, pastinya besar sekali godaan untuk membeli pakaian baru, terutama pakaian yang ramah untuk perut bumil.

Padahal, kenapa harus membeli pakaian baru jika Anda bisa membeli pakaian bekas (atau yang kini sering disebut preloved)? Dengan teknik memilih pakaian bekas yang tepat, maka tidak ada yang salah dengan membeli pakaian bekas kok, Moms. Berikut tips yang perlu diperhatikan saat membeli pakaian bekas, Moms.




1. Jangan Tergiur Harga

Membeli pakaian bekas, tentu harganya jauh lebih murah dibanding harga pakaian baru. Namun jangan sampai Anda kalap dan tergiur membeli banyak pakaian bekas, padahal tidak semuanya Anda butuhkan.


2. Teliti

Ketelitian adalah bagian paling menantang sekaligus seru dalam membeli pakaian bekas. Beberapa penjual mungkin memberi tahu bagian mana yang rusak atau cacat dari pakaian bekas yang ia jual. Namun, tak jarang Anda harus mencari tahu sendiri bagian yang cacat tersebut. Itu sebabnya, teliti pakaian sebelum Anda membelinya. Kalau cacatnya sudah tidak bisa diperbaiki, sebaiknya tidak perlu dibeli ya, Moms.


3. Harus Kreatif

Terkadang baju bekas dijual murah karena ada sedikit cacat, misalnya ada robek di bagian bawah dress. Jika memang Anda membutuhkan dress tersebut dan harganya sangat menggiurkan, maka potong saja bagian yang robek dan ‘sulap’ menjadi mini dress yang keren! Ya, namanya juga beli pakaian bekas, tentu tidak ada yang sempurna, Moms. Agar sempurna, Moms perlu kreatif memberi sentuhan ‘sulap’ agar lebih keren.




4. Jangan Beli yang Bernoda

Jika sedikit cacat di bawah pakaian bisa ‘disulap,’ beda ceritanya dengan pakaian bekas dan bernoda. Sebaiknya tidak usah membeli pakaian bekas yang bernoda, karena akan sulit menghilangkannya dibandingkan jika Anda membeli pakaian bekas yang cacat.


5. Pilih Model Basic

Biasanya pakaian bekas dijual murah karena modelnya sudah kuno. Nah, agar Moms tetap bisa memakainya, pilih pakaian bekas yang bentuknya standar atau basic saja, karena jenis ini tidak akan pernah ketinggalan zaman.


6. Coba Dulu

Agar tidak menjadi tumpukan pakaian di lemari Anda yang akhirnya tidak terpakai, pastikan ukuran yang Anda beli sudah pas dengan Anda. Jangan ragu untuk mencoba terlebih dahulu, atau tanyakan detail ukuran jika Anda membelinya secara online.


7. Cuci Sebelum Dipakai

Walau Anda membelinya dari teman Anda sendiri, namun tidak ada salahnya mencuci bersih pakaian bekas yang baru Anda beli. Kalau perlu, rendam dengan cairan desinfektan sebelum Anda pakai, terutama jika kulit Anda menjadi lebih sensitif saat hamil. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: pakaian,   fashion,   preloved,   kehamilan,   ibu hamil,   pakaian bekas