Mother&Baby Indonesia
Trik Membuat Pesta Ulang Tahun Anak dengan Dana Minim

Trik Membuat Pesta Ulang Tahun Anak dengan Dana Minim

Mempersiapkan pesta ulang tahun bagi Si Kecil bukanlah hal yang mudah. Begitu banyak hal yang harus Anda lakukan dan akan menguras tenaga serta biaya. Namun, jangan khawatir, Moms. Dengan sedikit kreativitas dan semangat do-it-yourself yang Anda miliki, sebuah pesta ulang tahun anak yang meriah pun bisa terwujud tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Berikut beberapa solusi yang bisa Anda gunakan untuk membuat pesta ulang tahun anak dengan biaya minim namun tetap meriah. Si Kecil pun tentu akan merasa senang dengan pesta yang Anda buat, Moms.




1. Mencari Venue Pesta

Beberapa tempat memang bisa disewa untuk penyelenggaraan pesta ulang tahun anak, tapi tentu saja menyelenggarakan pesta ulang tahun di hotel, restoran, atau kafe butuh biaya yang tidak sedikit.

Sebagai solusinya, coba cari lokasi lain yang dapat disewa dengan biaya murah, atau Moms bisa adakan pesta ulang tahun di rumah sendiri. Anda pun bisa memakai uang sewa tempat untuk keperluan lain.


2. Manfaatkan Teknologi Digital

Manfaatkan teknologi digital dan media sosial yang Anda miliki, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau aplikasi obrolan dalam gadget untuk menyebarkan undangan. Tentu ini akan sangat menghemat anggaran.

Namun, jika ingin pesta ulang tahun Si Kecil terlihat lucu dan menarik, Moms bisa membuat undangan dari kertas dengan memanfaatkan kreativitas yang Anda miliki atau unduh template undangan gratis dari internet. Undangan bisa Anda cetak untuk kemudian dibagikan.


3. Libatkan Anak dalam Menyusun Pesta Ulang Tahun

Melibatkan Si Kecil dalam pemilihan tema, dekorasi, kue ulang tahun, atau saling bertukar pikiran mengenai aktivitas apa saja yang akan diadakan saat pesta juga akan menghemat biaya pesta ulang tahun.

Selain itu, kreativitas anak Anda juga akan terasah dan membuat pesta semakin terorganisir serta terwujud sesuai dengan keinginan Si Kecil.




4. Tentukan Makanan dan Minuman

Memilih tema pesta ulang tahun juga dapat membantu Anda dalam menentukan makanan dan minuman yang akan Anda sajikan pada saat pesta berlangsung.

Sebagai alternatif dan solusi, Moms bisa membuat makanan dan minuman sendiri. Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, mintalah bantuan teman atau anggota keluarga lain untuk membantu Anda mempersiapkannya.


5. Manfaatkan Barang Pribadi

Moms, putar otak Anda untuk menciptakan sebuah pesta ulang tahun dengan biaya murah, namun tetap menarik dan menyenangkan. Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan barang-barang pribadi.

Misalnya saja, dengan memanfaatkan video games atau game console yang Anda miliki sebagai permainan saat pesta berlangsung. Moms juga bisa memanfaatkan laptop atau speaker milik Anda untuk memutar musik.


6. Minta Bantuan Teman

Anda tidak perlu membayar orang untuk membantu pesta ulang tahun Si Kecil agar berjalan lancar. Mintalah bantuan kerabat atau teman. Mereka dapat berpartisipasi dalam pesta ulang tahun dengan berperan sebagai MC, badut, atau memberikan dongeng yang menarik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   ulang tahun,   pesta ulang tahun