Mother&Baby Indonesia
Tips agar Anak Happy di Pesta Ulang Tahunnya

Tips agar Anak Happy di Pesta Ulang Tahunnya

Bulan September tiba! Di bulan ini, Mother&Baby Indonesia merayakan ulang tahunnya. Jika buah hati Anda juga berulang tahun di bulan September ini, M&B akan berbagi tips pada Anda dalam membuat pesta ulang tahun Si Kecil, agar ia dan semua temannya yang datang merasa senang.

Ya, pesta ulang tahun yang meriah dan tak terlupakan memang menjadi impian setiap anak. Tapi, apakah meriah berarti harus menguras kantung Anda dan membutuhkan persiapan yang merepotkan? Tentu tidak, dong! 

Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk menyiapkan pesta ulang tahun buat Si Kecil? Ini rangkumannya untuk Anda, Moms!




Aktivitas

Pada umumnya, pesta untuk anak usia balita hingga kanak-kanak berlangsung sekitar 2 jam. Jika dihitung, kegiatan yang sudah pasti berjalan, seperti menyajikan makanan, meniup lilin, dan membagikan buah tangan memakan waktu setidaknya 30 menit.

Nah, sekarang tinggal memikirkan apa yang harus dilakukan dengan waktu yang tersisa. Di kepala Anda mungkin akan dengan segera bermunculan sejumlah ide. Apa pun yang akan Anda lakukan, pastikan bahwa hal tersebut tidak berlangsung lama dan sesuai dengan usia peserta yang akan hadir.

Jangan lupa juga untuk meminta bantuan sejumlah orang dewasa agar Anda tidak keteteran ya, Moms.


Siapkan Permainan

Ketahui waktu dan jenis permainan yang sesuai dengan kapasitas anak. Permainan untuk balita haruslah ringan dan aman. Pikirkan tentang permainan apa yang anak-anak Anda senang lakukan sehari-hari.

Beberapa kegiatan sederhana, seperti menghias kertas kosong dengan stiker, mewarnai, atau meniru gerakan sudah cukup untuk pesta anak balita. Kalau perlu, libatkan pula para pendamping anak yang hadir supaya mereka tidak bosan dan pesta ulang tahun berjalan dengan meriah.

Anak usia 4-5 tahun sudah bisa bermain dengan pilihan kegiatan fisik, seperti mencari harta karun. Agar anak-anak tidak bosan, rancang setiap kegiatan setidaknya berlangsung hanya sekitar 15-20 menit.


Mengatur Jadwal

Saat pesta baru dimulai, akan lebih baik kalau permainan atau kerajinan tangan yang Anda siapkan bersifat inividual. Ini akan menjaga anak-anak yang datang awal tetap tenang hingga teman yang lain datang.



Coba siapkan sebuah meja yang cukup besar, lalu letakkan pernak-pernik kebutuhan menghias kartu tanda pengenal nama tamu. Beritahu mereka bahwa kartu tersebut akan menjadi benda wajib untuk digunakan sepanjang acara.

Saat anak-anak lain mulai berdatangan, barulah digelar permainan yang melibatkan banyak anak. Jangan hanya satu, siapkan setidaknya 2-3 permainan. Pilih permainan yang memastikan anak-anak berinteraksi satu sama lain, sekaligus membakar energi. Setelah itu, redakan suasana dengan kegiatan ringan, semisal mewarnai atau bermain tebak-tebakan, hingga waktu meniup lilin dan makan tiba. Anda juga bisa menyetel musik.

Walaupun penting menyiapkan daftar kegiatan yang spesifik dan rapi, Anda tidak bisa memastikan semua berjalan lancar sesuai rencana. Besar kemungkinan anak-anak menjadi bosan dan menentang untuk terlibat dalam kegiatan yang sudah Anda susun.

Sebab itu, siapkan rencana cadangan, bisa berupa permainan klasik atau ikuti saja kemauan mereka. Intinya, Anda ingin membuat pesta yang menyenangkan bagi semua yang hadir.


Menentukan Tema

Akan lebih mudah untuk merancang kegiatan kalau Anda sudah menentukan tema untuk pesta ulang tahun Si Kecil. Setelah tema ditentukan, Anda akan dengan mudah merancang semuanya.

Kalau anak sudah memiliki tema atau rencana kegiatan sendiri yang hendak ia gelar, biarkan itu menjadi panduan bagi Anda ya, Moms.


Goodie Bag

Kenang-kenangan pesta ulang tahun berupa goodie bag tentu menjadi salah satu yang diinginkan anak-anak di setiap pesta ulang tahun. Nah, satu hal yang perlu diperhatikan, Anda sebenarnya tidak harus menyiapkan goodie bag berupa makanan berisi cokelat, permen, kue atau makanan dan minuman manis lainnya. Anda tentu tahu, terlalu banyak gula dan makanan pengawet tentu tidak baik buat para balita.

Anda bisa mengisi goodie bag dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kegiatan anak-anak di rumah, seperti buku mewarnai yang disesuaikan dengan tema pesta ulang tahun anak, atau tanaman kecil yang bisa dibawa pulang dan ditanam di rumah anak-anak, atau juga stoples kecil berisi ikan yang bisa dijadikan hewan peliharaan mereka di rumah nantinya. Bagaimana, Moms?

Well, selamat mengadakan pesta ulang tahun yang meriah dan berkesan buat Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   ulang tahun,   pesta ulang tahun