Mother&Baby Indonesia
Tanda-Tanda Ini Jadi Waktunya Anda Turunkan Berat Badan

Tanda-Tanda Ini Jadi Waktunya Anda Turunkan Berat Badan

Salah satu permasalahan yang sering menghantui para wanita adalah berat badan berlebih. Kenaikan berat badan biasanya terjadi usai Anda melahirkan buah hati atau ketika Anda menyapih Si Kecil.

Namun, ada juga wanita yang tidak merasa terganggu dengan masalah kenaikan berat badan yang terjadi padanya. Meskipun begitu, kelebihan berat badan tentunya akan memiliki dampak dan bisa mengganggu aktivitas Anda, sehingga Anda perlu untuk menurunkan berat badan demi bisa melakukan aktivitas dengan lancar.




Tanda-Tanda Ini Jadi Waktunya Anda Turunkan Berat Badan

Ada beberapa tanda jka Anda sudah kelebihan berat badan, Moms. Berikut ini beberapa tanda yang jadi waktu buat Anda turunkan berat badan:

1. Jika Anda merasa lemak di tubuh Anda bertambah. Lemak berlebih dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh yang bisa menyebabkan Anda terus merasa lelah.

2. Tekanan darah Anda jadi meninggi. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari American Heart Association mengatakan bahwa tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut. Dan lemak berlebih tersebut bisa menjadi penyebab seperti pada nomor 1 di atas.

3. Jika Anda merasakan sakit pada sendi Anda, terutama lutut dan punggung. Itu adalah sinyal dari tubuh untuk berdiet.

4. Jika Anda mengalami sesak napas sesaat setelah berjalan kaki atau menaiki beberapa anak tangga, bisa jadi hal ini merupakan pertanda tubuh mengalami kenaikan berat badan.



5. Jika Anda mendengkur di malam hari dan jarang mendapatkan kualitas tidur yang baik, hal tersebut bisa saja pertanda Anda sedang menderita apnea. Salah satu penyebabnya adalah tubuh menyimpan lemak yang mempersempit jalannya napas dan menimbulkan dengkuran.


Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Selain melakukan olahraga secara rutin dan teratur, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Susie Burrell, ahli gizi dan pendiri shapeme.com.au. mengatakan bahwa makan dengan ukuran porsi yang benar sangat penting untuk menurunkan berat badan. Setidaknya, berat badan Anda tidak terus bertambah.

Menurut Burrell, yang terpenting dari cara menurunkan berat badan adalah mengatur porsi makan yang tidak berubah dari waktu ke waktu. Bila Anda terbiasa makan dessert dengan seporsi puding cokelat, itu tidak akan membuat Anda gemuk. Namun, bila Anda menambah menjadi 2 porsi dalam satu kali dessert, itulah yang membuat berat badan Anda meningkat.

Karena itu, Anda disarankan untuk memerhatikan porsi makanan yang akan disantap. Menurut Burrell, dalam satu piring terdiri dari sayuran, karbohidrat dan protein. “Selalu pastikan setengah piring berisi sayuran atau salad. Piring yang ideal adalah seperempat karbohidrat, seperempat protein dan setengah salad atau sayuran,” ujar Burrell seperti dikutip oleh msn.com. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   berat badan