Mother&Baby Indonesia
Dos dan Don’ts untuk Wujudkan Kulit Sehat dan Cantik

Dos dan Don’ts untuk Wujudkan Kulit Sehat dan Cantik

“Tidak semua kulit diciptakan sama. Anda tidak bisa meremehkan nilai genetik,” ujar Paula Bourelly, MD, profesor dermatologi di Georgetown University. Tetapi, gen hanyalah poin awal. Mendapatkan kulit cantik dan sehat juga terkait dengan praktik perawatan sehari-hari yang baik. Tidak hanya dari sabun atau krim perawatan yang digunakan saja, tetapi juga dari asupan makanan hingga lingkungan tempat tinggal. Berikut dos dan don’ts untuk kulit sehat dan cantik.


Do: Bersihkan makeup sebelum tidur
Don’t: Melupakan eksfoliasi

Meski sangat lelah, saat pulang bekerja selalu pastikan untuk membersihkan riasan wajah sebelum tidur. Biar bagaimanapun, kulit juga perlu bernapas. Lupa membersihkan makeup hanya akan membuat pori-pori tersumbat, yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat atau komedo. Kalau Anda kehabisan makeup remover, coba gunakan minyak zaitun.



Tuangkan sedikit di kapas dan pijat secara lembut untuk mengenyahkan kotoran dan makeup. Jangan lupa eksfoliasi (scrub) kulit wajah setidaknya satu kali seminggu. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari campuran bubuk kacang kenari dan yoghurt.


Do: Tidur 8 jam
Don’t: Begadang

Dianjurkan untuk tidur 7-8 jam setiap hari. Kurang tidur hanya akan membuat kulit menjadi lelah, kendur, dan menimbulkan kantung mata. “Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah serta mengoleskan pelembap sebelum tidur,” saran dr. Rahul Nagar, dermatolog dari Max Hospital. Untuk kulit kering, oleskan banyak pelembap.


Do: Olahraga rutin
Don’t: Mengabaikan penggunaan toner

Berolahraga seperti lari, naik sepeda, atau berlatih yoga, membuat sirkulasi tubuh menjadi lebih baik dan juga terkait dengan keringat, yang menjadi salah satu cara tubuh mengeluarkan racun.



Selain membuang kotoran, olahraga juga meningkatkan produksi kelenjar minyak serta memperbanyak aliran darah ke kulit. Hal ini penting karena darah membawa oksigen dan nutrisi yang menjaga kesehatan kulit.

Pastikan untuk menggunakan toner sebelum dan setelah berolahraga. Toner akan membantu meminimalkan produksi minyak sebelum berolahraga. Setelah selesai olahraga dan membersihkan diri, oleskan shea butter atau minyak zaitun guna melembapkan kulit.


Do: Gunakan pelembap dan tabir surya
Don’t: Melupakan tabir surya

Ini aturan yang harus diikuti, selalu pakai pelembap dan tabir surya, bahkan saat mendung sekalipun. Kalau Anda terbiasa menggunakan pelembap yang sama selama bertahun-tahun, mungkin bisa mencoba yang baru. “Cari pelembap yang mengandung ekstrak kopi beri atau ceramide,” saran dr. Barankin. Di malam hari, gunakan krim berbahan vitamin C yang bertindak sebagai antipenuaan dan mengangkat lapisan kulit mati.


Do: Gunakan pembersih saat membersihkan wajah
Don’t: Pemakaian sabun

Dengan begitu banyaknya pilihan, Anda bisa kebingungan atas produk yang sebaiknya digunakan terutama untuk wajah. “Cleanser adalah pilihan terbaik,” saran dr. Benjamin Barankin, dermatolog di Toronto Dermatology Centre. Pilih pembersih yang tidak mengandung sodium lauryl sulphate (SLS), deterjen yang tidak hanya membersihkan hingga ke kulit dalam tetapi juga membuat dehidrasi kulit. Setelah memakainya, bilas dengan air suam-suam kuku dan keringkan dengan ditepuk-tepuk, bukan digosok. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kulit sehat