Mother&Baby Indonesia
5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Di zaman sekarang, kehidupan tampak berjalan dengan cepat karena aktivitas yang kita jalani seolah tidak ada habisnya. Berbagai macam kesibukan yang kita lakukan kadang membuat kita lupa melakukan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat yang dulu mungkin kerap kita jalani. Contohnya, kini berapa lama rata-rata Anda tidur setiap hari? 6, 7, 8 jam? Atau malahan kurang daripada itu? Padahal dulu, Anda terbiasa tidur 7-8 jam per hari.

Ya, jumlah jam tidur sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kualitas hidup kita lho, Moms. Tak hanya jumlah jam tidur, masih ada banyak gaya hidup sehat yang lupa kita jalani karena menumpuknya aktivitas kita saat ini. Apa saja itu? 




1. Tidur 8 Jam Sehari

Ada banyak studi atau penelitian yang mengatakan bahwa kita sebaiknya tidur selama 8 jam sehari. Dengan tidur 8 jam sehari, detokfikasi dalam tubuh akan bekerja dengan jauh lebih sempurna. Meskipun begitu, masalahnya adalah mungkin kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk bisa memperoleh tidur 8 jam sehari.

Bayangkan, kita mesti bangun pagi-pagi sekali untuk menyiapkan semua keperluan keluarga, kemudian pulang ke rumah di malam hari dari kantor, dan masih juga harus sibuk mengurusi segalanya.


2. Sarapan Pagi

Baik bagi orang dewasa maupun anak-anak, sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting untuk mengawali pagi hari, karena kita pasti butuh energi untuk melakukan aktivitas. Dan energi bisa didapat dari sarapan.

Namun, kenyataannya banyak orang yang mengabaikan hal ini dengan berbagai alasan, seperti tidak sempat membuat sarapan, atau harus berangkat pagi-pagi sekali. Padahal kita sadar bahwa tidak sarapan pagi bisa berisiko menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh.


3. Olahraga Teratur

Berapa kali Anda berolahraga setiap minggu? Sebenarnya, Anda tidak harus melakukan olahraga yang serius untuk bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat. Lakukan saja aktivitas fisik yang sederhana. Misalnya jalan kaki selama 30 menit setiap hari, atau biasakan naik-turun melalui tangga daripada memakai lift.



Selain itu, jika kebanyakan aktivitas yang kita kerjakan bersifat pasif, seperti duduk di kursi berjam-jam sambil menatap layar komputer, cobalah untuk beristirahat sejenak, lemaskan dan gerakkan semua anggota tubuh Anda untuk melancarkan peredaran darah sehingga tidak kaku.


4. Minum 8 gelas per Hari

Banyak studi dan penelitian yang menyarankan agar kita minum setidaknya 8 gelas per hari guna menjaga kesehatan tubuh. Namun, kenyataannya, masih sedikit sekali orang yang melakukan hal tersebut. Bahkan ada yang hanya minum 3-4 gelas per hari atau malahan kurang.

Sebaliknya, Anda mungkin lebih suka mengonsumsi teh, kopi, atau minuman lain yang belum tentu terbukti memberikan efek sehat pada tubuh Anda. Padahal, kurang konsumsi air putih bisa menyebabkan penyakit pada diri Anda, lho.


5. Makan Makanan Bergizi

Penting buat kita mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi untuk kebaikan tubuh. Nyatanya, hanya segelintir orang yang patuh pada anjuran tersebut. Saat makan siang, Anda mungkin lebih memilih memesan junk food dengan alasan lebih efisien dan cepat karena ditunggu meeting setelah istirahat makan siang.

Atau jika sore hari, Anda terbiasa makan kue-kue, cokelat, permen, atau gorengan untuk camilan. Jika Anda kerap melakukan ini, jangan heran bila tiba-tiba saja berat badan Anda jadi melonjak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   gaya hidup sehat








Related Article