Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Konsumsi Air Mineral untuk Menjaga Kesehatan

Pentingnya Konsumsi Air Mineral untuk Menjaga Kesehatan

Moms dan Dads apakah Anda sering menghabiskan waktu duduk di depan komputer, diskusi di ruang meeting, bermain handphone, duduk lama di kendaraan akibat jarak tempuh yang jauh dan macet, dan memiliki pola makan yang tidak sehat?

Tahukan Anda bahwa aktivitas tersebut termasuk dalam gaya hidup sedentari? Ini adalah pola hidup yang mengarah ke aktivitas fisik yang rendah. Minimnya aktivitas fisik yang dilakukan ini pun berpengaruh pada kecukupan jumlah konsumsi air mineral yang seharusnya dikonsumsi setiap hari. Tak heran, kurangnya mengonsumsi air mineral ini bisa mengganggu kesehatan kita.

Mengonsumsi air mineral itu penting karena tubuh tidak bisa memproduksi mineral secara alami. Kabid Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia, dr. Milka Inkiriwang, MARS, mengungkapkan bahwa banyak zat yang terkandung dalam mineral yang baik untuk tubuh. “Misalnya zat besi, bikarbonat, kalsium, kalium, dan lain-lain,” ungkapnya saat ditemui di kawasan Kuningan, (11/09/2019).




Asupan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh kita karena setiap organ yang ada dalam tubuh memiliki kadar kebutuhan cairannya masing-masing. “Mulai dari darah. Cairan terbanyak itu ada di dalam darah, yang 90 persen kandungannya adalah air. Lalu ada otak (73% air), ginjal (79% air), paru-paru (83% air) dan jantung (73% air). Jadi organ-organ ini semua membutuhkan air,” ujar dr. Milka.

Bila kita kurang mengonsumsi air mineral, maka penyakit mulai dari gejala penyakit ringan hingga penyakit yang berat bisa timbul. “Misalnya sistem kekebalan tubuh menurun, cepat lelah dan mengantuk, sakit kepala, bau mulut, kulit kering, rambut kering dan kusam, mengganggu persendian, mata kering, hingga risiko batu ginjal, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tidak normal,” tambahnya.

Sebaliknya, bila kita mengonsumsi banyak air mineral secara rutin, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan di antaranya organ bekerja secara optimal, tubuh terasa segar, tubuh tidak mudah sakit, badan tidak mudah lelah, berat badan terkontrol.

Bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan, minum air secara rutin juga sangat baik dilakukan. “Rajinlah minum air, karena air bisa bersifat sebagai detoksifikasi, menghilangkan racun-racun tubuh. Kebanyakan kalau orang yang melakukan diet juga disarankan untuk mengonsumsi cairan yang banyak, minum air mineral yang banyak,” ucap dr. Milka.

Selain mengonsumsi banyak air mineral, untuk menjaga kesehatan Anda juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang. Selain itu dr. Milka mengingatkan untuk tak lupa melakukan olahraga secara rutin, ”Banyak olahraga yang bisa dilakukan, misalnya running, jogging, dan lain-lain, yang penting badan kita harus bergerak,” tegasnya.

Reisa Broto Asmoro, Brand Ambassador Le Minerale, yang juga orang tua dari 2 anak, sangat concern dalam menjaga kesehatan dirinya dan keluarga dengan rajin mengonsumsi air mineral.




“Sudah tiga tahun belakangan ini, saya dan keluarga sudah rutin mengonsumsi air mineral dan ternyata terasa sekali ya perbedaannya. Saya dan keluarga jadi merasa tidak gampang capek, badan selalu fresh, membantu sekali di aktivitas kami sehari-hari,” jelas Reisa.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan sang anak, perempuan yang juga berprofesi sebagai dokter ini membiasakan menaruh botol berisi air mineral ketika anaknya sedang bermain. “Anak-anak kan terkadang keasyikan main sehingga suka lupa minum, jadi saya biasakan taruh botol minum di sebelahnya. Sekarang tidak usah diingatkan lagi ia sudah rajin minum,” ceritanya.


Kampanye “Ayo Minum Untuk Sehat!” Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Untuk mendorong masyarakat Indonesia hidup sehat, Le Minerale bersama Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) membuat kampanye "Ayo Minum untuk Sehat!". Kampanye ini merupakan lanjutan dari kampanye "Gerakan Indonesia Sehat" dari Le Minerale untuk mengajak dan mengedukasi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air mineral berkualitas yang diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga secara teratur.


Sebagai wadah untuk mensosialisasikan kampanye ‘Ayo Minum Untuk Sehat’, akan ada ajang Le Minerale Water Run yang akan diadakan pada 22 September 2019, di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Le Minerale Water Run 2019 dibagi menjadi dua kategori lari, 5K Fun Run dan 2K Family Run yang dapat diikuti semua kalangan usia.

Untuk sosialisasi kampanye "Ayo Minum untuk Sehat!", Le Minerale juga melakukan berbagai kegiatan positif lainnya seperti senam sehat pada Car Free Day di berbagai kota besar, program edukasi kesehatan di TV swasta, radio, rumah sakit, dan masih banyak lagi.

Le Minerale ingin mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk memulai dan menjalankan hidup sehat dengan cara yang mudah dengan rutin mengonsumsi air mineral berkualitas seperti Le Minerale. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Le Minerale, M&B)



Tags: kesehatan,   air mineral








Related Article