Mother&Baby Indonesia
Detoks Kopi, Ini Manfaatnya buat Kesehatan Tubuh Anda

Detoks Kopi, Ini Manfaatnya buat Kesehatan Tubuh Anda

Di masa kini, minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Ya, kopi sekarang merupakan minuman yang banyak dikonsumsi orang-orang, baik untuk sekadar rutinitas atau saat memerlukan energi ekstra dan meningkatkan konsentrasi.

Kopi memang mampu memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga mendorong banyak orang memasukkannya dalam daftar minuman harian mereka. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari minum kopi adalah:

• Meningkatkan produktivitas. Kafein dalam kopi akan memberikan efek stimulan pada saraf tubuh sehingga membuat Anda jadi lebih produktif.



• Memperbaiki daya ingat. Kafein dalam kopi juga mampu meningkatkan kemampuan otak dalam merekam dan mengingat banyak hal.

• Menurunkan risiko demensia. Kebiasaan minum kopi hangat bisa mengurangi risiko Anda terkena pikun.

• Mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa semakin sering Anda minum kopi tanpa gula, maka semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2.

• Mencegah depresi. Studi dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang rajin minum kopi setiap hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi.

Meskipun begitu, kecanduan kopi ternyata juga akan menyebabkan munculnya masalah kesehatan. Terlalu banyak kafein dalam tubuh malah bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental Anda, seperti munculnya rasa mual, cemas, dan sakit kepala.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut akibat mengonsumsi kebanyakan kopi, ada baiknya Anda menghindari kopi untuk sementara waktu. Detoks kopi bahkan bisa memberikan manfaat baik dan meningkatkan kesehatan Anda. Berikut manfaat yang bisa Anda peroleh, Moms.




1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kafein memang bisa menaikkan tingkat energi dan fokus Anda. Inilah biasanya alasan orang-orang minum kopi. Tapi jika Anda menghindari mengonsumsi kopi, hal ini akan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, sehingga Anda punya lebih banyak energi saat bangun esok hari. Perlu diketahui, kafein akan bertahan dalam darah hingga 5 jam. Jadi, jika Anda minum kopi pada sore hari, Anda mungkin saja masih terjaga saat malam hari dan sulit tidur.


2. Menjaga Mulut Sehat

Konsumsi kopi yang tinggi berkaitan dengan masalah gigi tipis dan menjadi rapuh. Karena itu, menghindari minum kopi bisa membantu mencegah gigi menjadi kuning dan mempertahankan lapisan luar gigi.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Secangkir kopi bisa saja mengandung banyak gula dan bahan-bahan yang memiliki kalori tinggi lainnya. Nah, kombinasi ini tentu bisa membuat berat badan Anda bertambah. Jadi, dengan mengurangi atau bahkan menghindari minum kopi manis, Anda bisa menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal.


4. Menjaga Mood Lebih Baik

Efek buruk kopi biasanya muncul setelah banyaknya Anda minum kopi. Konsentrasi yang selalu terjaga dampak dari kafein, setelahnya justru bisa memunculkan rasa gelisah, cemas, atau stres. Belum lagi pengaruh terhadap mood akibat kurang tidur karena kebanyakan minum kopi. Karena itu, jika Anda menghindari kopi, hal tersebut bisa membantu menjaga mood jadi lebih baik.

Nah, jika Anda ingin melakukan detoks kopi, sebaiknya kurangi konsumsi kopi dalam 5 hari, lalu coba minuman pengganti lainnya, seperti teh atau jus. Kemudian jika sudah, Anda bisa hilangkan kopi dari menu minuman harian Anda. Selamat mencoba, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kopi,   kafein,   minum kopi,   detoks kopi








Cover September 2019

Related Article