Mother&Baby Indonesia
Yuk, Minum Jus Seledri, Moms! Ini Manfaatnya buat Anda

Yuk, Minum Jus Seledri, Moms! Ini Manfaatnya buat Anda

Moms, apakah Anda orang yang rutin mengonsumsi jus setiap pagi? Nah, pernahkah Anda mendengar tentang jus seledri? Ternyata banyak manfaat dan khasiat yang bisa kita peroleh lho, jika kita rajin mengonsumsi jus seledri.

Yup, seledri adalah sayuran yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Biasanya masyarakat Indonesia memakai daun seledri untuk penyedap pada sayur sop atau dengan cara dipotong kecil-kecil dan kemudian ditaburkan pada bakso maupun soto.

Nah, yang Anda juga perlu tahu, ternyata seledri juga bisa kita jadikan minuman jus yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja sih, kandungan gizi yang terdapat pada sayuran satu ini dan apa khasiatnya bagi tubuh? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!




Kandungan Gizi Seledri

Daun seledri memang berukuran kecil, namun ia punya segudang kandungan yang baik untuk tubuh kita, Moms. Beberapa di antaranya adalah:

• Mengandung antioksidan.

• Kaya akan vitamin A, B, C, K, kalium, zat besi dan asam folat. 

• Memiliki kandungan air dan serat yang tinggi.

Selain itu, daun seledri juga rendah kalori serta punya aroma khas yang bisa memberikan rasa segar dan efek rileks buat tubuh.




Manfaat Rutin Mengonsumsi Jus Seledri

Berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh dari rutin mengonsumsi jus seledri, Moms.

1. Mengurangi peradangan dalam tubuh. Kandungan antioksidan, terutama jenis flavonoid, yang tinggi dalam seledri akan mampu mencegah dan melawan terjadinya peradangan dalam tubuh Anda dan membantu mengobati penyakit-penyakit seperti rematik, asam urat, dan nyeri sendi.

2. Menjaga tekanan darah tetap stabil. Kandungan berbagai zat yang terdapat di seledri memiliki sifat antihipertensi yang baik untuk memperbaiki fungsi kerja dinding arteri dalam pembuluh darah. Sehingga tekanan darah Anda akan lebih terkontrol. Selain itu, kandungan nutrisinya juga berguna untuk meningkatkan ekspansi pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi dan hipertensi.

3. Mencegah kanker. Flavonoid yang terdapat dalam seledri juga efektif untuk mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung dan ginjal. Berbagai kandungan nutrisi yang ada pada seledri, menurut sebuah studi pada tahun 2014, mampu memberikan manfaat preventif pada penyakit yang berhubungan dengan organ jantung, hati, dan ginjal.

5. Menurunkan kadar kolesterol. Kandungan senyawa phthalide dalam seledri dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Selain itu, serat yang terdapat pada seledri juga membantu mengikis kolesterol jahat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   seledri,   jus seledri








Related Article