Mother&Baby Indonesia
Nyeri Punggung pada Ibu Baru? Perhatikan 5 Hal Ini

Nyeri Punggung pada Ibu Baru? Perhatikan 5 Hal Ini

Bagi para ibu baru, nyeri punggung sepertinya sudah bukan hal baru lagi bagi Anda ya, Moms. Sejak kehamilan trimester dua, nyeri punggung atau yang sering disebut dengan back pain memang sudah sering terjadi. Untuk itu, kami telah bertanya pada physiotherapist asal Inggris, Tim Allardyce, mengenai serba-serbi nyeri punggung pada ibu baru. Yuk, ketahui lebih jauh mengenai gangguan ini, Moms!


Normal Terjadi

Menurut Tim, nyeri punggung atau back pain adalah hal yang normal terjadi pada ibu hamil atau ibu baru. Penyebabnya sederhana, karena beban di perut Anda mendadak naik dengan cepat saat hamil, itulah yang membuat tubuh Anda kekurangan waktu untuk beradaptasi dengan beban tambahan yang menyiksa otot-otot di punggung.




Dipengaruhi Perubahan Hormon

Produksi hormon relaxin membuat otot-otot di area panggul melemah. Padahal, kestabilan area panggul sangat penting dan berkaitan dengan kesehatan punggung juga. Jadi ketika panggul melemah, kemampuan menyangga punggung juga berkurang, dan otot-otot menjadi bekerja lebih keras.


Disebabkan Aktivitas Ibu Baru

Setelah melahirkan, ibu menyusui masih menghasilkan hormon relaxin (walaupun kadarnya lebih rendah), inilah yang membuat ligamen dan otot-otot tetap lembut dan lebih rentan sakit. Bagi para ibu baru, nyeri punggung juga disebabkan oleh aneka aktivitas khas ibu baru, seperti mengganti popok, mengangkat bayi, dan memasang car seat. Semua aktivitas itu membutuhkan kekuatan punggung, sehingga punggung ibu baru memang banyak bekerja, ya.




Mengangkat dengan Benar

Cara Anda menggendong dan mengangkat bayi Anda bisa memengaruhi nyeri yang Anda rasakan. Secara alami, ibu baru sering mengangkat benda dengan satu tangan, yang memberi beban hanya pada satu sisi punggung dan panggul. Maka sebaiknya Anda mengangkat dengan kedua tangan, Moms.

“Ketika Anda mengangkat bayi Anda, posisikan tubuh Anda seperti bentuk kotak, dan jangan memutar tubuh. Tekuk lutut Anda, bukan membungkukkan punggung Anda. Mengencangkan otot perut Anda juga bisa membuat Anda merasa lebih kokoh saat mengangkat Si Kecil.” jelas Tim.


Perhatikan Cara Menggendong

Sering menggendong bayi di satu sisi panggul? Awas! Itu bisa membuat tulang belakang Anda berputar, lho! Sebaiknya, gendong di sisi yang bergantian ya, Moms. Atau, Anda bisa menggunakan baby carrier yang menghadap depan, sehingga beban Si Kecil bisa terbagi dengan rata. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: back pain,   nyeri punggung,   spine,   kesehatan,   ibu baru