Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mengajarkan Anak untuk Mudah Bergaul

5 Cara Mengajarkan Anak untuk Mudah Bergaul

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, kemampuannya untuk bersosial pun tentu semakin baik. Di usia sekolah, Si Kecil diharapkan sudah mampu untuk mudah berteman, tanpa perlu ditemani orang tua lagi.

Namun bagaimana jika anak Anda terlihat lebih sulit bergaul dibanding anak-anak seusianya? Menurut penjelasan Kristen Eastman, PsyD, pada Cleveland Clinic, “Jika anak Anda terlihat sulit berteman dengan anak lain seusianya, maka ia membutuhkan nasihat dan latihan mengenai kemampuan sederhana dalam bergaul.”

Agar anak Anda mudah bergaul dan memiliki banyak teman di sekolah, ikuti beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di bawah ini yuk, Moms.




1. Ikuti Banyak Kegiatan

Awali dengan mengikutsertakan anak ke berbagai kegiatan, seperti kursus sepak bola atau olahraga beregu lainnya. Kegiatan seperti ini memaksa anak untuk mahir berinteraksi dengan teman-temannya, dan ini bisa jadi cara yang baik agar anak terbiasa bergaul dengan banyak orang.

Awalnya mungkin anak akan sedikit malu untuk memulai pembicaraan, namun perlahan ia harus ikut aktif berbicara antar anggota tim olahraga.


2. Contohkan Cara Bergaul yang Baik

Anak belajar bergaul dengan melihat dan mengobservasi, maka jadilah contoh yang baik untuk anak Anda. Contohkan anak cara bertegur sapa dengan teman atau tetangga, dan jangan ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang baru.

Setiap skenario pergaulan yang Anda contohkan adalah kesempatan yang baik untuk mengajarkan Si Kecil. Jangan lupa, ajak Si Kecil untuk tak malu menyapa orang yang ia kenal juga ya, Moms.




3. Simulasi di Rumah

Sebelum ‘melepas’ Si Kecil untuk bergaul di sekolah, tidak ada salahnya untuk melakukan simulasi bergaul di rumah. Moms bisa contohkan cara menyapa teman baru dan membuka obrolan. Dimulai dengan senyuman, sapaan, obrolan, dan pertemanan yang hangat pun akan segera bermulai. Yakinkan Si Kecil untuk selalu percaya diri mengawali percakapan ya, Moms.


4. Beri Semangat dan Pujian

Terkadang, cara-cara di atas bisa saja tidak berjalan lancar. Jika itu terjadi pada anak Anda, pastikan ia tetap semangat dan tidak putus asa dalam berteman. Moms juga perlu memberinya pujian atas segala usaha yang telah ia lakukan dengan baik dan benar.


5. Jangan Hindari Masalah

Ketika anak sulit berteman, jangan biarkan ia menghindari masalah tersebut dan berlindung di pelukan Anda. Menurut dr. Eastman, doronglah anak secara perlahan untuk keluar dari zona nyamannya, sambil memberikan pengarahan, latihan, dan semangat, agar anak lebih percaya diri untuk berteman. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   edukasi,   anak mudah bergaul,   anak mudah berteman